Begini Tips Merawat Truk Agar Performanya Tetap Terjaga

perawatan truk

Meski truk yang digunakan sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti manajemen telematics fleet, misalnya, namun bukan berarti Anda bisa abai dengan perawatan truk. Sebab, truk yang tidak pernah dirawat, tentu saja akan lebih cepat rusak dan sangat berisiko meningkatkan kecelakaan, terlebih sopir truknya mengantuk pada saat berkendara.

Untuk itu, supaya performa truk tetap terjaga dan tidak mudah rusak, berikut kami paparkan tips merawat truk yang bisa diterapkan. Yuk, disimak!

  1. Cek kondisi ban pada truk

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan truk, baik itu jarak dekat maupun jauh, maka sangat dianjurkan untuk mengecek kondisi ban truk tersebut terlebih dahulu. Cek apakah kondisi bannya masih bagus dan tekanan angin pada ban tersebut sudah sesuai dengan standar. Jika menemukan bekas ban yang tertusuk benda asing dan melukai permukaan ban segera ganti dengan yang baru guna meminimalisir pecah ban ketika berkendara.

  1. Bersihkan filter udara truk

Sama halnya dengan kendaraan lainnya, truk juga memerlukan filter udara yang digunakan untuk penyaring debu maupun kotoran. Jika komponen filter udara ini tidak dibersihkan, tentu debu dan kotoran yang menumpuk dapat mengganggu kinerja filter udara dan bahkan bisa mengganggu komponen mesin lainnya. Untuk itu, sebaiknya bersihkanlah filter udara truk secara rutin guna menghindari hal tersebut.

  1. Jangan biarkan tangki BBM truk kosong

Isilah selalu tangki BBM truk dan jangan sampai membiarkannya kosong. Tanpa bahan bakar, truk tentu tidak akan bisa dinyalakan dan dikendarai. Tidak hanya itu saja, membiarkan tangki bahan bakar kosong juga dapat memicu pengembunan yang mana bisa merusak komponen lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengisinya sebelum berkendara.

  1. Ganti oli truk secara rutin

Jangan lupa untuk mengganti oli truk secara rutin karena oli berfungsi sebagai pelumas komponen mesin truk. Jika komponen mesin truk tidak terlumasi dengan baik, tentu saja dapat mengganggu kinerjanya. Bukan hanya itu, mesin truk juga akan lebih cepat aus. Karena itulah, Anda sangat dirasankan untuk menggantinya secara rutin atau jika kilometer truk sudah mencapai 5.000.

Itulah dia empat tips merawat truk agar performanya tetap terjaga. Nah, bagaimana dengan truk bekas? Tentunya perawatan truk baru maupun bekas tidak berbeda jauh. Sebab, tiap-tiap bagian truk baru maupun bekas itu sama. Bedanya, truk baru tidak perlu melalui serangkaian pengecekan yang harus dilakukan saat membeli truk bekas. Yang terakhir, jangan lupa untuk memanaskan truk, baru maupun bekas, terlebih dahulu sebelum digunakan, ya. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *