4 Cara Efisiensi Penggunaan AC di Rumah

menghemat biaya AC rumah

Punya AC PK besar tidak selalu menjadi alasan borosnya penggunaan listrik. Sebab, kebiasaan sepele seperti membuka pintu ruangan atau membiarkan tirai jendela terbuka ketika AC dinyalakan merupakan dua dari beberapa penyebab meningkatnya tagihan listrik di rumah kamu. Untuk itu, mulailah membiasakan tidak melakukan kedua hal di atas demi penghematan penggunaan daya listrik, ya. Nah, beberapa cara berikut juga bisa kamu terapkan untuk menambah efisiensi penggunaan AC. Simak, ya!

  1. Atur intensitas kipas

Kipas (fan) pada AC mana pun umumnya terdiri dari 3 skala: kecil, sedang, dan tinggi. Intensitas kipas yang tinggi biasanya bakal cepat mendinginkan ruangan saat hari panas terik. Tapi, kalau hari sedikit mendung, lebih tepat kamu gunakan intensitas kipas yang rendah, ya. Sebab, AC akan mengedarkan udara lembap di luar rumah secara perlahan melalui pendingin udara kamu.

  1. Arahkan ventilasi AC ke bagian tengah ruangan

Ventilasi atau penutup AC di bagian dalam rumah biasanya bisa diatur untuk bergerak ke atas atau ke bawah dengan pengaturan swing. Nah, pengarahan ventilasi juga bisa menambah efisiensi listrik di rumah kamu, loh. Sebab, ventilasi AC yang diarahkan ke bagian tengah ruangan bisa mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dan tepat. Hindari mengarahkan ventilasi AC ke arah benda-benda yang ada dalam ruangan, ya. Sebab, hal ini justru membuat energi listrik boros.

  1. Periksa filter udara secara rutin

Menurut The Spruce, waktu ideal untuk memeriksa filter udara adalah sebelum masuk musim kemarau, atau setidaknya satu bulan sekali. Sebab, filter udara yang kotor karena debu bisa membuat performa AC kamu tidak optimal. Karena terhalang oleh debu, AC akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara yang dingin. Sayangnya, kadang kala udara yang dihasilkan tidak juga dingin. Untuk itulah, memeriksa filter udara secara rutin bisa meningkatkan efisiensi penggunaan AC di rumah.

  1. Atur suhu AC

Untuk mendinginkan ruangan dengan cepat, mungkin kamu mengakalinya dengan menggunakan suhu AC rendah. Padahal, melakukan ini akan membuat energi boros namun hasilnya belum tentu efisien. Maka dari itu, cukup atur suhu AC minimum di suhu 25 derajat celcius saja lalu tutup pintu dan tirai agar ruangan cepat dingin. Angka tersebut merupakan saran dari Departemen Energi Amerika.

Itulah dia keempat cara efisiensi penggunaan AC di rumah. Lekas terapkan supaya tagihan listrik rumah kamu tidak selalu tinggi, ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *