Ingin Liburan ke Luar Negeri? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Penting sebelum liburan ke luar negeri

Pergi keluar negeri merupakan perjalanan yang sangat dinanti-nantikan, terutama bagi Anda yang baru melakukan perjalanan keluar negeri untuk yang pertama kalinya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda membuat rencana perjalanan ke luar negeri, mulai dari visa, passport, tanggal berangkat, asuransi liburan dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin melakukan perjalan keluar negeri.

  1. Visa

Jauh sebelum anda membeli tiket pesawat, ada baiknya anda mencari informasi untuk mengurus Visa terlebih dahulu. Beberapa negara memiliki pengurusan visa yang lebih sulit dari negara lainnya, seperti halnya visa untuk mengunjungi USA yang mengharuskan pengajuan surat untuk wawancara terlebih dahulu. Apabila pengajuan ditolak maka anda tidak dapat mengurus visa dan harus mencoba lain kali dalam jangka waktu tertentu.

Jika anda ingin berkunjung ke negara –  negara yang tergabung dalam ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar dan lainnya, anda tidak perlu khawatir karena Visa ditiadakan khusus untuk warga negara sesama anggota ASEAN. Jepang juga telah membebaskan visa namun terbatas hanya untuk pemegang passport elektronik.

  1. Passport

Passport saat ini terbagi menjadi passport regular dan elektronik. Beberapa negara seperti Jepang memberikan bebas visa bagi pemegang passport elektronik, namun apabila terkena random checking, pemegang passport regular lebih memiliki peluang untuk tetap bisa masuk ke dalam negara yang dituju dibandingkan dengan pemegang passport elektronik.

Hal ini dikarenakan pemegang passport elektronik dibebaskan dari visa dan pembebasan ini dapat membuka peluang untuk tinggal di negara tersebut secara illegal. Sedangkan pemegang passport regular yang terkena visa dapat dideportasi apabila telah habis masa visanya.

  1. Asuransi Liburan

Asuransi liburan atau travel insurance terbagi menjadi dua, yaitu leisure trip insurance dan business trip insurance. Letak perbedaan yang paling mencolok adalah pada besar premi yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa asuransi tersebut.

  1. Itinerary perjalanan

Untuk mengunjungi tempat baru, ada baiknya jika anda mencari informasi mengenai tempat tersebut terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu anda untuk menyusun jadwal dan tujuan perjalanan anda agar anda bisa bereksplorasi lebih teratur dan tidak tersesat. Selain itu juga dapat membantu dalam penyusunan budget agar anda tidak menggunakan uang secara berlebihan.

  1. International Adaptor

Beberapa negara memiliki adaptor listrik yang berbeda. Di Jepang, misalnya, adaptor listriknya berbentuk kaki tiga, dan untuk bisa menggunakan port listriknya anda harus menggunakan konverter agar bisa cocok dengan adaptor bawaan anda.

  1. Vaksin

Vaksinasi penting dilakukan terutama apabila negara tujuan anda sedang dilanda epidemi penyakit menular. Selain itu, vaksin juga menjaga agar anda tidak mudah terserang penyakit yang asing bagi tubuh atau yang tidak pernah dijangkiti oleh negara asal sebelumnya.

  1. Uang yang Cukup

Bawalah uang yang cukup dan telah disesuaikan dengan itinerary perjalanan anda. Meskipun anda bisa menarik dari atm, namun ada baiknya untuk tetap berhemat demi keamanan bagasi pesawat juga.

Perjalanan keluar negeri memang sangat menyenangkan, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan detail perjalanan dan kebutuhan anda agar perjalanan lancer dan tidak terhalang masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *