Mudah Sekali! Begini Tips Memilih Aplikasi Point of Sales Terbaik

Tips Memilih Aplikasi Point of Sales Terbaik

Apa itu aplikasi Point of Sales? POS atau Point of sales merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mencatat transaksi dalam sebuah usaha. Dimana kini sudah banyak digunakan dalam berbagai jenis usaha seperti restaurant, kedai kopi, swalayan, laundry kiloan, rumah makan modern dll.

Dengan menggunakan POS System, semua transaksi menjadi lebih cepat dan lebih mudah dilakukan. Contohnya dalam membuat struk penjualan, jika Anda menggunakan POS ma ka struk penjualan akan dicetak melalui printer, sehingga tidak perlu membuat nota secara manual yang lebih banyak memakan waktu dan tenaga.

Secara umum POS System terdiri dari seperangkat atau serangkaian mesin kasir, lengkap dengan partnernya yaitu cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk. Perangkat yang digunakan juga bermacam-macam, ada yang menggunakan mesin khusus POS yang disebut terminal, ada juga yang lebih menyukai menggunakan tablet pintas berbasis IOS atau Android agar lebih ringkas.

Tips Memilih Aplikasi Point of Sales

Dalam memilih aplikasi Point of sales tentu saja tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, agar manfaat dari aplikasi POS tersebut dapat tercapai dengan baik. Nah, kira-kira apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih POS System? Berikut tipsnya:

  1. Pertimbangkan Harga dan Fitur

Tipe pertama yang perlu diperhatikan adalah harga serta fitur yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi. Pilihlah aplikasi POS dengan harga yang terjangkau serta fitur yang dibutuhkan oleh usaha Anda.

Hal ini untuk menghindari pemborosan biaya usaha. Karena pada dasarnya suatu POS System memerlukan investasi yang tidak sedikit, jadi sesuaikan dengan besar atau kecilnya usaha serta kebutuhannya ya.

  1. Perangkat Pelengkap atau Pendukung

Pastikan POS System yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Mulai dari software atau aplikasi hingga perangkat atau hardwarenya. Misalnya, pada usaha kedai kopi hanya membutuhkan perangkat portable seperti tablet pintar dan printer struk.

Sedangkan untuk usaha restorant tentu saja memerlukan perangkat dengan kelengkapan yang lebih kompleks. Seperti terminal dengan jumlah lebih dari satu dengan fitur yang lebih beragam.

  1. Mudah Digunakan

Pilihlah aplikasi POS dengan mekanisme yang mudah digunakan dan tidak ribet. Usahakan tampilan aplikasi mudah dipahami, sehingga transaksi bisa diproses lebih cepat.

Selain itu, aplikasi juga harus mudah diakses dan dilengkapi dengan sandi pengaman. Fitur tambahan ini bukan hanya menambah kenyamanan usahawan, namun juga untuk keamanan yang lebih terjamin.

  1. Dukungan Teknis yang Baik

Carilah aplikasi Point of sales yang menyediakan layanan bantuan ketika Anda mengalami kendala dalam mengoperasikan aplikasi. Tentu hal tersebut akan membuat Anda lebih nyaman dan bebas worry.

Sayangnya, layanan tambahan ini tidak mudah untuk ditemukan. Sehingga Anda harus benar-benar jeli memilih aplikasi POS yang sesuai.

  1. Laporan Penjualan yang Lengkap

Salah satu fitur yang paling dicari ketika membeli aplikasi POS adalah pejualan, maka carilah aplikasi dengan laporan penjualan yang terlengkap mulai dari penjulan harian, produk best seller  dan lain sebagainya.

  1. Berbasis Online

Dengan aplikasi Point Of Sales berbasis online, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan operasi penjulan bahkan mengecek laporan pnjulan dari beberapa outlet yang berbeda.

Nah, itu dia 7 tips dalam memilih aplikasi Point of Sales untuk usaha Anda. Untuk memenuhi semua yang dibutuhkan oleh usaha Anda, segera download aplikasi Youtap. Aplikasi dagang #serbabisa yang siap membantu semua operasional usaha Anda mulai dari penjualan harian hingga laporan keungan bulanan secara mudah dan hanya menggunakan smartphone saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *