Menjelajahi Bukchon Hanok dan Samcheondong

Manfaatkan paket liburan ke Korea untuk menjelajahi berbagai objek wisata menarik di Korea. Salah satunya adalah Bukchon Hanok Village di Seoul.

Bukchon Hanok Village adalah sebuah area yang memiliki suasana serta atmosfir khas tradisional Korea. Di daerah ini masih banyak rumah – rumah tradisional Korea yang dibangun menggunakan bata dan kayu antik. Area ini memiliki nilai sejarah lebih dari 600 tahun lamanya. Rumah – rumah tradisional yang berada di area ini selain beberapa masih ditempati, mayoritasnya sudah berubah fungsi menjadi pusat budaya, penginapa, restoran, dan kedai teh untuk wisatawan dapat merasakan budaya Korea tradisional yang kental.

bukchon hanok village
bukchon hanok village

Bukchon Hanok Village sudah ada sejak dinasti Joseon dan Namanya diambil dari letak area ini sendiri, yaitu ‘Bukchon’ yang berarti di bagian Utara dari dua landmark penting dari Seoul yaitu Jongno dan sungai Cheonggyecheon, dan ‘Hanok’, penyebutan untuk rumah tradisional Korea yang memenuhi wilayah Bukchon ini.

Jika Anda terus menelusuri Bukchon Hanok Village, Anda akan tiba di area Samcheong-dong. Area ini adalah yang paling stylish di Seoul. Arti nama dari “Samcheong” sendiri berasal dari kata “sam” yang berarti tiga, dan “cheong” yang berarti segar atau murni. Nama nya disematkan karena gunung, air dan hati dari warga yang tinggal di wilayah ini “segar dan murni”.

Samcheon-dong terbagi menjadi beberapa area, yaitu Anguk-dong, Sogyeok-dong, Hwa-dong, dan Sagan-dong dan wilayah Samcheon-dong berarkhir di taman Samcheong. Sepanjang jalan yang membentang di Samcheon-dong ini, Anda akan menemukan berbagai restoran, café, museum dan toko – toko yang menjual barang seni, baik yang tradisional maupun yang modern. Harga nya pun tergolong murah, dan Anda bisa mengunjungi toko serba 500 Won juga di wilayah ini.

Pada musim gugur dan pada awal musim dingin, Anda akan disajikan pemandangan pohon Ginko yang telah berubah warna menguning di sepanjang jalanan yang berada di wilayah Samcheon-dong. Selain toko – toko dan café, mural yang berada di atas jalanan serta beberapa tembok di gang juga unik dan cukup fotogenik.

Setelah lelah berjalan menyusuri Samcheon-dong, Anda bisa beristirahat di salah satu café atau kedai teh dan menikmati secangkir kopi atau teh dan pemandangan tradisional seputar Samcheon-dong. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Bukchon Hanok Village dan Samcheon-dong ini ketika Anda berada di Korea.

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *