Kenali Penyebab dan Pengobatan Flu pada Anak

penyebab flu pada anak

Mengajak buah hati ke tempat berlibur anak di Jakarta boleh jadi pilihan yang tepat sekali untuk menghabiskan akhir pekan bersama si kecil. Namun, pancaroba yang mulai tiba patut menjadi pertimbangan ketika membawa anak jalan-jalan keluar rumah. Pasalnya, di musim peralihan ini, sejumlah virus dan bakteri dapat berkembang biak lebih cepat. Salah satu penyakit yang dapat mudah menyerang anak saat pancaroba adalah flu.

Dilansir dari Hello Sehat, perubahan suhu—meski tidak signifikan—dapat mempercepat perkembangbiakkan virus dan bakteri sekaligus mengubah sistem imun pada tubuh. Saat situasi ini terjadi, molekul yang bertugas untuk mendeteksi virus dalam tubuh menjadi kurang sensitif. Akibatnya, virus yang masuk ke dalam tubuh akan tersebar lebih cepat.

Anak memiliki kecenderungan terjangkit flu lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Pasalnya, sistem imun anak belum sebaik sistem imun orang dewasa. Selain karena perubahan cuaca, flu pada anak juga dapat tersebar melalui interaksi dengan temannya yang sudah terjangkit flu ataupun kontak langsung dengan benda yang sudah terinfeksi virus; seperti gagang pintu, pensil, pulpen, mainan kemudian ia menyentuh langsung bagian tubuhnya dengan tangan yang sudah tercemar virus.

Tindakan preventif pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari flu menyerang anak adalah dengan memberikan vaksin tahunan pada anak. Perhatikan pula dengan siapa ia berinteraksi dan apa yang disentuhnya. Upayakan juga untuk memberi vitamin ketika anak harus beraktivitas di luar rumah saat cuaca sedang tidak bersahabat. Namun bila anak Anda telanjur terkena flu, maka yang perlu Anda lakukan adalah segera membawanya ke dokter untuk pengobatan yang maksimal.

Sebagai tindakan dukungan perawatan yang dilakukan oleh dokter, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut saat anak terjangkit flu.

  • Memberi uap hangat. Sediakan air hangat, kemudian pinta anak untuk menghirup uap yang menguar dari air tersebut. Tindakan ini bertujuan untuk mengencerkan ingus anak, sehingga mudah dibersihkan atau dibuang.
  • Memberi air garam hangat. Berikan sedikit garam pada air hangat sebagai minuman anak Anda. Tujuannya adalah tenggorokan anak tidak terlalu sakit atau nyeri.
  • Memberi pakaian yang berlapis. Anak dengan flu mungkin akan merasakan demam dan menggigil. Oleh karena itu, ajak anak untuk istirahat yang banyak dan berikanlah ia pakaian yang berlapis agar suhu badannya menurun.

Itulah dia penyebab dan pengobatan flu pada anak. Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan dan tempat bermain anak agar ia terhindar dari serangan penyakit, ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *