Jarang Membersihkan Apartemen? Penyakit Ini Mengintai Anda!

penyakit di apartemen

Berapa kalikah dalam seminggu Anda membersihkan kamar apartemen The Parc milik Anda? Beberapa orang mungkin menjawab cukup sering atau rutin, sementara beberapa lainnya bingung menjawabnya karena sangat jarang atau bahkan hampir tidak pernah melakukannya. Padahal, tidak membersihkan apartemen bisa memunculkan penyakit yang membahayakan tubuh. Anda pastinya tidak mau kan jatuh sakit hanya karena jarang membersihkan apartemen? Untuk itu, bersihkanlah selalu apartemen Anda.

Bicara mengenai penyakit, berikut merupakan beberapa penyakit yang bisa mengintai jika Anda jarang membersihkan ruangan apartemen. Simak, yuk!

  1. Diare. Selain makanan, diare juga bisa diakibatkan karena ruangan apartemen yang kotor, khususnya bagian dapur. Menurut Lembaga Kesehatan Publik NFS International, peralatan masak dan makan yang ada di dapur apartemen sangat rentan terkena bakteri Listeria, Salmonella, E.colli. Jika semua bakteri ini masuk ke dalam tubuh, maka bisa menyebabkan kram perut, muntah-muntah, mual, hingga diare. Oleh sebab itu, bersihkan peralatan masak dan makan Anda semaksimal mungkin supaya terhindar dari penyakit tersebut.
  2. Iritasi kulit. Rutinkah Anda mengganti sprei di apartemen? Jika tidak, mulai dari sekarang gantilah sprei Anda secara rutin paling tidak seminggu sekali. Mengapa? Sebab, sprei yang tidak diganti mengandung banyak debu, kutu kasur, dan tungau yang mana jika mengenai kulit dapat menyebabkan iritasi. Namun, tidak hanya iritasi, kenyamanan tidur dan istirahat Anda pun menjadi terganggu oleh sebab itu rajinlah selalu mengganti sprei di kamar apartemen.
  3. Alergi saluran pernapasan. Jarang membersihkan apartemen tentu meninggalkan banyak debu. Debu ini bisa menempel di seluruh penjuru ruangan apartemen dan sangat mudah menempel di kulit dan terhirup oleh hidung. JIka Anda memiliki saluran pernapasan yang sensitif, maka akan langsung menunjukkan beberapa reaksi seperti infeksi tenggorokan, bersin-bersin, hingga sesak napas. Untuk itulah, jagalah selalu kebersihan apartemen Anda agar tidak mengalami reaksi tersebut.
  4. Stres. Apartemen yang jarang dibersihkan juga bisa memicu munculnya perasaan stres. Anda menjadi tidak nyaman dan merasa tertekan saat memasuki ruangan apartemen dan melihat barang-barang yang berantakan. Jika tidak dibersihkan, tentu ini akan semakin meningkatkan stres dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Itu dia beberapa penyakit yang bisa Anda derita jika jarang bahkan tidak pernah membersihkan apartemen. Setelah mengetahuinya, semoga Anda jadi semakin memerhatikan kebersihan kamar apartemen Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *