5 Street Food Korea yang Harus Kamu Coba!

Penggemar serial-serial drama Korea mungkin sudah tidak asing dengan sajian makanan pinggiran jalan (street food) ala Korea dalam karya yang mereka tonton. Hampir di semua drama pasti ada satu scene yang memperlihatkan jajanan atau masakan khas Negeri Ginseng ini. Nah, kalau kamu sedang merencanakan liburan ke Korea dalam waktu dekat, catat dulu 5 street food yang harus kamu coba langsung di sana!

Tteokbokki
Tteokbokki
  1. Tteokbokki

Tteok adalah jenis panganan yang dibuat dari olahan beras. Jadi, tteokbokki adalah jajanan dari beras yang dipadatkan hingga berbentuk seperti pipa dan diberi saus merah pedas bernama gochujang. Panganan ini biasanya disajikan dengan kue ikan, telur rebus, dan daun bawang.

odeng
odeng
  1. Odeng

Setelah tteokbokki, odeng adalah menu wajib berikutnya. Odeng atau kue ikan ini merupakan adonan ikan yang dicampur dengan pati, tepung, air fermentasi beras dan diberikan bumbu-bumbu khas Korea Selatan. Makanan ini biasanya disajikan dengan kaldu hangat yang gurih. Jadi, kalau kamu kepedasan setelah memakan tteokbokki, odeng bisa kamu gunakan sebagai penawar rasa. Tapi kalau kamu mengunjungi Seoul di waktu musim panas, kamu bisa membeli odeng goreng yang biasanya disajikan dengan mustard dan saus tomat. Yummy!

Fried Chicken Korea
Fried Chicken Korea
  1. Fried chicken

Korea Selatan punya puluhan brand ayam goreng lokal dengan cita rasa tak kalah menakjubkan dibandingkan franchise ayam goreng dari Amerika Serikat. Menu ayam goreng di Korea Selatan biasanya bervariasi dengan rasaa original, spicy, sampai sweet. Kalau kamu pencinta ayam goreng, warung yang menjajakan panganan ini tidak boleh dilewatkan, ya!

Hotteok
Hotteok
  1. Hotteok

Biarpun bernama –tteok, panganan satu ini tidak terbuat dari berasa atau tepung beras. Melainkan, jajanan ini terbuat dari tepung terigu dan memiliki rasa manis. Yap, hotteok sebetulnya merupakan variasi dari panekuk. Jajanan yang bertekstur seperti donat ini biasanya diisi dengan pasta kacang merah, ubi jalar, kacang tanah, bawang bombay, atau bahkan japchae (sejenis soun).

kimbap
kimbap
  1. Kimbap

Bagi sebagian besar orang Indonesia, belum mengonsumsi nasi berarti belum makan. Nah, kalau kamu juga berprinsip demikian, jangan lewatkan membeli kimbap, ya! Nama panganan dengan arti harfiah rumput laut dan nasi ini merupakan makanan street food yang terbuat dari nasi dan bahan lain seperti potongan wortel, sayur hijau, keju, cumi, telur, atau ikan tuna yang digulung dengan selembar rumput laut. Di Korea Selatan, jajanan ini biasanya dijual dalam satu gulungan (tanpa dipotong), yang memiliki panjang sekitar 20 cm.

Itu dia 5 street food yang harus kamu coba saat berkunjung ke Korea Selatan. Kalaupun kamu belum berkesempatan mengunjungi Negeri Ginseng itu, tenang saja, di Indonesia sudah banyak restoran yang menjual menu di atas, kok! Selamat jajan! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *