Samgyetang, Sup Tradisional yang Populer di Musim Panas

Anda mungkin sudah tidak asing dengan samgyetang. Sup tradisional asal Korea Selatan ini memang mendunia, pertama karena rasanya dan kedua karena khasiatnya. Sesuai dengan namanya, samgyetang merupakan sup yang terbuat dari ayam dan gingseng. Samgyetang berasal dari kata ‘sam’ yang berarti ‘gingseng’, ‘gye’ yang berarti ‘ayam’, dan ‘tang’ yang berarti ‘sup’. Samgyetang juga menjadi olahan favorit bagi masyarakat setempat, terutama ketika musim panas. Ya, Anda tidak salah baca: sup panas ini lebih sering dinikmati oleh masyarakat Korea Selatan di musim panas alih-alih musim dingin.

Sup Samgyetang
Sup Samgyetang

Begitu memasuki hari pertama periode musim panas atau yang disebut sebagai Chobok, masyarakat Korea biasanya akan berbondong-bondong mengunjungi restoran terdekat untuk mengonsumsi samgyetang. Mereka percaya, bahwa mengonsumsi sup panas bisa mengalahkan suhu panas dengan menyamakan temperatur tubuh dengan udara di luar. Tidak hanya itu, ahli makanan Korea juga menambahkan bahwa di musim panas, masyarakat biasanya lebih mudah lelah, dan mengonsumsi sup ayam gingseng ini bisa mengembalikan kembali stamina mereka, serta mengembalikan nutrisi yang hilang bersama keringat.

Biasanya, masyarakat akan mengonsumsi semangkuk samgyetang panas dengan kimchi segar beserta sebotol soju. Satu mangkuk samgyetang akan berisi satu ekor ayam utuh yang telah diisi nasi, lengkap dengan kuah segarnya.

Untuk membuat samgyetang pun sebetulnya tidak rumit. Anda tinggal menyiapkan bahan-bahan seperti satu ekor ayam, beras, gingseng, goji berry, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Setelahnya, rebus rempah dan bawang putih selama 45 menit dalam 3 liter air. Sambil menunggu, Anda bisa memasukkan beras secukupnya di dalam perut ayam yang sudah dibersihkan, lalu ikat dengan rapat. Masukkan ayam tersebut ke dalam rebusan kuah dan masak selama 1-2 jam dengan api kecil. Pastikan daging ayam sudah empuk sebelum diangkat.

Terakhir, sajikan ayam utuh yang sudah matang ke dalam mangkuk, siram dengan kuah, dan taburi dengan daun bawang. Sup ayam gingseng siap disajikan untuk menyambut musim panas! Tertarik untuk mencobanya di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *