Yuk, Kenali Printer Dot-Matrix, Keunggulan, dan Fungsinya!

Saat ini, memang bermunculan banyak sekali jenis printer hemat tinta dengan kualitas terbaik yang bisa dibeli langsung melalui website https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printers?fr=inksaving. Namun demikian, tahukah Anda, sebelum munculnya printer-printer hemat tinta tersebut, Printer Dot-Matrix sudah lebih dahulu digunakan untuk mencetak dokumen.

printer dot matrix
printer dot matrix

Pengertian Printer Dot-Matrix & cara kerjanya

Printer Dot-Matrix sendiri merupakan salah satu jenis printer yang menggunakan mesin pengetuk untuk mencetak dokumennya. Cara kerja dari printer ini hampir mirip dengan mesin ketik, di mana memanfaatkan pita serta jarum besi yang berfungsi sebagai penghasil tulisan. Printer ini juga memiliki pita serta print head (kepala cetak). Biasanya, di bagian print head tersebut terdapat jarum besi yang digunakan untuk menghasilkan cetakan tulisan.

Fungsi dari Printer Dot-Matrix

 Sama halnya dengan printer pada umumnya, printer satu ini berfungsi untuk mencetak berbagai macam dokumen penting yang harus dicetak rangkap. Biasanya, printer jenis ini kerap digunakan di berbagai perusahaan besar karena dianggap bisa membantu memudahkan pekerjaan dan hasil cetakannya pun sangat efektif dan efisien. Jika sudah begini, tentu pekerjaan kantor bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Keunggulan Printer Dot-Matrix

Terdapat beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh printer satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memakai pita khusus “ribbon” sehingga ketika mencetak dokumen tidak lagi membutuhkan tinta printer.
  • Biaya pita printer biasanya lebih murah dibanding tinta printer. Dengan demikian, maka dapat membantu mengurangi pengeluaran perusahaan untuk membeli tinta printer.
  • Tak hanya itu, biaya perbaikannya juga relatif murah karena sangat jarang mengalami error ketika digunakan. Sebab, printer ini tidak memiliki tinta sehingga aman untuk digunakan dalam waktu yang lama sekalipun. Meski demikian, tetap saja printer ini harus dijaga kebersihannya agar tidak mudah rusak.
  • Bisa mencetak rangkap sekaligus dengan begini maka bisa membantu mempercepat pencetakan dokumen.
  • Mampu mencetak dokumen dengan kertas yang berukuran besar.

Itulah dia pengertian, fungsi, dan keunggulan yang dimiliki Printer Dot-Matrix. Gimana, tertarikkah Anda menggunakannya di kantor maupun rumah Anda? –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *