Menghangatkan Tubuh Dengan Oden

Jika Anda mendapatkan paket liburan ke Jepang di musim dingin, Anda harus mencoba makanan yang satu ini, yaitu Oden. Meski Anda bisa menikmatinya sepanjang tahun namun Oden adalah salah satu makanan populer di musim dingin.

Oden adalah makanan sejenis nabe yang terdiri dari beberapa bahan makanan yang dimasak dengan cara direbus di dalam kuah kaldu ikan yang ringan. Dahulu kala, Oden lebih umum disebut dengan misodengaku atau dengaku. Diberi nama demikian karena bentukan Oden jaman dahulu mengingatkan orang akan ritual dan tarian panen dimana para dengaku- hōshi (pendeta) menggunakan hakama berwarna putih dan mantel warna warni menari di atas egrang yang terbuat dari bambu.

oden jepang
oden jepang

Pada abad ke 18, tempat makan di Edo (kini Tokyo) mulai menyajikan nasi dengan potongan sayur dan misodengaku yang berisi tahu dan konnyaku (jelly). Kemudian tahu dan konnyaku ini disajikan tidak dalam miso melainkan direbus di dalam kuah kaldu yang kemudian Anda kenali sebagai Oden saat ini. Oden pun menjadi makanan favorit yang disajikan di pinggir jalan karena cara masak bahan – bahan lainnya yang termasuk mudah dan termasuk ke dalam kategori ‘fast food’ pada masanya.

Oden biasanya dijual di gerobak meski beberapa kedai juga menjualnya, bahkan ada beberapa restoran yang khusus menjual oden. Oden dengan satu jenis isian dibanderol seharga 100 yen saja. Isian dan kuah dari oden pun sangat beragam dan tergantung di wilayah mana Anda menyantap oden tersebut. Setiap musim semi, diadakan “oden summit” di daerah Odawara, perfektur Kanagawa yang menyajikan berbagai variasi oden yang ada di seluruh Jepang.

Isian Oden yang paling umum ditemui di berbagai versi Oden adalah Daikon, telur rebus, chikuwa, hanpen, satsuma-age, wiener-maki, gobou-maki, chikuwa-bu, konnyaku, shirataki, atsu-age, kinchaku, ganmo, tsukune, tsumire, gyu-suji, roru kyabetsu (kol gulung). Apabila Anda ingin mengambil telur rebus untuk porsi Oden Anda, pastikan untuk memilih telur yang lebih berwarna, karena telur rebus yang masih putih biasanya baru dimasukkan ke dalam kuah kaldu dan belum menyerap rasa kaldunya secara sempurna.

Karena merupakan rebusan, tidak hanya cocok dimakan ketika musim dingin, musim hujan pun Anda bisa menikmati Oden. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *