Mata Pegal? Coba Atasi dengan Gerakan Senam Mata Ini, Yuk!

mengatasi mata pegal

Mata pegal memang seringkali menjadi penyebab dari sakit kepala Anda. Hanya saja, sebagian besar dari kita seringkali menganggap remeh soal sakit kepala karena merasa sudah dilindungi oleh asuransi kesehatan individu. Jika terjadi sesuatu, tinggal periksakan ke dokter karena sudah ada asuransi.

Hanya saja, sebenarnya cara mengatasi mata pegal itu cukup mudah, lho. Coba cek gerakan senam mata berikut ini untuk mengatasi mata pegal:

  1. Peregangan mata. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada mata adalah dengan melakukan peregangan mata. Lakukan peregangan dengan melihat ke depan, ke atas, ke bawah, ke kiri, dan juga ke kanan sesuai urutan. Usahakan untuk melakukan gerakan dalam satu tarikan napas. Misalnya, tarik napas lalu lihat ke atas, keluarkan napas lalu lihat ke bawah, dan lanjutkan sesuai urutan.
  2. Melihat ke arah yang jauh. Saat bekerja, kedua mata kita seringkali hanya terfokus pada layar laptop atau ponsel saja. Alhasil, mata kita sering terasa lelah dan juga perih, yang kemudian berujung pada sakit kepala. Oleh sebab itu, sesekali kedua mata harus digunakan untuk melihat hal-hal yang jauh. Sebab ketika mata melihat ke arah yang jauh, ketegangan pada mata pun akan berkurang. Otot-otot mata pun akan bergerak untuk mencari titik fokus di area yang jauh. Disarankan untuk mengalihkan pandangan ke arah yang jauh setiap 20 menit sekali agar mata tidak lelah.
  3. Tekan area sekitar mata. Salah satu cara termudah untuk mengurangi ketegangan mata juga bisa dilakukan dengan menekan area di sekitar mata. Caranya, tekan bagian pelipis menggunakan bantalan jari, lalu tarik perlahan ke garis rambut. Selanjutnya tutup kedua mata, tekan bawah alis dengan lembut, lalu tekan secara bertahap ke arah dahi. Terakhir, tekan bantalan jari ke kulit di bawah tulang pipi. Anda bisa juga memijat kelopak mata dengan gerakan memutar sembari ditekan perlahan.
  4. Fokus di area hidung. Terakhir, jangan lupa untuk meredakan ketegangan mata dengan memfokuskan pandangan pada titik hidung. Caranya cukup mudah, yakni dekatkan ujung jari telunjuk pada bagian tengah mata, lalu fokus ke jari telunjuk selama 10-15 detik.

Itu dia beberapa senam mata yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketegangan pada mata. Silakan dicoba dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *