4 Tips Dapatkan Mobil Cicilan dengan Harga Termurah

Bukan rahasia lagi jika membeli mobil dengan skema kredit adalah opsi paling ideal bagi kebanyakan orang. Pasalnya, mencicil kendaraan dari lembaga keuangan seperti perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia dapat membuat konsumen bisa segera memiliki dan menggunakan kendaraan tersebut selagi ia melunasinya. Dari segi finansial pun, skema cicilan dapat membuat seseorang tetap memiliki dana sisihan.

cicilan mobil termurah
cicilan mobil termurah

Sayangnya, cukup banyak debitur yang melakukan kesalahan perhitungan saat melakukan kredit kendaraan. Akibatnya, total dana yang dihabiskan untuk membeli sebuah mobil membengkak. Nah, untuk menghindari hal yang sama terjadi pada Anda, berikut adalah tips mudah agar Anda mendapatkan mobil cicilan dengan harga termurah:

  1. Bandingkan premi berdasarkan Presentasi Bunga Tahunan (APR)

Mengutip laman Money Crasher, annual percentage rate (APR) adalah angka yang akan menunjukkan besaran pinjaman selama kurun satu tahun dalam bentuk bunga dan pokok pinjaman. Dengan membandingkan dua atau lebih tawaran premi dari beberapa perusahaan pembiayaan, Anda bisa menentukan skema dari lembaga mana yang memiliki total paling kecil. Idealnya, nilai bunga yang lebih kecil akan menghasilkan total biaya beli mobil yang lebih kecil pula.

  1. Pilih jangka waktu pinjaman yang lebih pendek

Poin penting kedua selain APR adalah tenor atau lama waktu pinjaman. Satu hal yang perlu diingat adalah semakin lama tenor berarti semakin banyak juga nominal bunga yang harus Anda bayarkan pada lembaga keuangan.

Situs Money Crasher mengungkapkan jika memilih tenor yang lebih pendek artinya Anda mendapatkan APR yang lebih kecil dan memiliki kewajiban bayar yang lebih sedikit pula. Sejumlah ahli keuangan juga mengatakan jangka waktu yang paling ideal untuk mencicil mobil ialah di bawah lima tahun. Jika Anda membeli mobil dengan tenor di atas itu, artinya Anda memilih kendaraan yang ada di luar budget Anda.

Maka dari itu, ada baiknya Anda memilih jangka waktu pinjaman yang lebih pendek.

  1. Berikan uang muka (DP) yang lebih besar

Memberikan down payment (DP) atau uang muka yang cukup besar persentasenya jelas akan memotong nilai pijaman pokok sekaligus APR pada premi bulanan Anda. Dengan begitu, total nilai beli kendaraan Anda bisa lebih murah.

  1. Gunakan kalkulator simulasi kredit

Jika Anda khawatir perhitungan manual Anda meleset, cara mudah menemukan mobil cicilan dengan harga termurah ialah menggunakan kalkulator simulasi kredit. Hampir semua perusahaan pembiayaan memiliki fitur ini dalam situs resminya. Anda hanya perlu memasukkan nilai pokok pinjaman, uang muka, lama jangka waktu pinjaman, dan bunga untuk menghitung besaran premi per bulan dan melihat total pembelian mobil.

Demikianlah ulasan tentang cara mendapatkan mobil cicilan dengan harga termurah. Silakan terapkan keempatnya sebelum mengajukan kredit di perusahaan pembiayaan pilihan Anda, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *