Waspada, Kebiasaan Berkendara Ini Bisa Membuat Klaim Asuransi Ditolak!

pelanggaran berkendara

Asuransi Kecelakaan sangat penting untuk menanggung kerugian finansial yang terjadi akibat kecelakaan. Apalagi, risiko kecelakaan akan selalu ada ketika Anda berkendara. Selain memiliki asuransi kecelakaan, Anda juga harus tahu hal-hal apa saja yang dapat menghambat klaim asuransi tersebut. Banyak yang tidak sadar, kebiasaan berkendara yang sepele pun bisa membuat klaim asuransi kecelakaan ditolak. Nah, untuk berjaga-jaga, sebaiknya jangan sampai Anda melakukan pelanggaran-pelanggaran berkendara di bawah ini!

  • Overload

Memang kelihatannya sepele, tapi membawa terlalu banyak penumpang atau overload bisa berbahaya. Sebab sering mengangkut barang bawaan atau penumpang berlebih juga dapat merusak komponen yang memengaruhi performa berkendara. Alhasil, risiko kecelakaan pun bisa makin tinggi. Pihak asuransi pasti akan meminta kronologi kecelakaan sejelas mungkin. Apabila kecelakaan disebabkan oleh kelebihan muatan, maka besar kemungkinan klaim akan sulit cair.

  • Surat berkendara tidak aktif

Jangan pernah menyepelekan masa aktif surat-surat berkendara seperti SIM atau STNK. Jika terjadi kecelakaan, perusahaan asuransi biasanya akan menolak klaim karena pengendara yang tidak memiliki SIM dan STNK aktif dianggap melanggar peraturan lalu lintas.

  • Mabuk

Berkendara saat mabuk sudah jelas berisiko tinggi. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga membahayakan pengendara lainnya. Jika sampai terjadi kecelakaan akibat pengendara mabuk, maka klaim asuransi kecelakaan pasti akan ditolak. Bagaimana tidak, berkendara saat mabuk merupakan salah satu pelanggaran hukum yang berat.

  • Menerobos lampu merah

Ini dia salah satu kebiasaan berkendara bersiko tinggi, tetapi masih sering dilakukan oleh banyak pengendara. Demi mengejar waktu, nyawa pun jadi taruhan. Jangan sampai Anda melakukan pelanggaran lalu lintas yang satu ini, ya. Selain berisiko tinggi, pihak asuransi tidak akan menanggung kerugian apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain menerobos lampu merah, pelanggaran lalu lintas seperti berkendara di jalus busway, atau berkendara di bahu jalan, dan lain-lain juga perlu dihindari demi keselamatan.

Apa pun kondisinya, jangan sampai Anda melakukan pelanggaran berkendara seperti di atas. Selain tinggi risiko, kebiasaan-kebiasaan tersebut juga dapat membuat klaim asuransi kecelakaan ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *