Wajib Coba, Ragam Tapas di Spanyol yang Super Unik!

Galicia octopus

Tapas merupakan makanan yang harus kamu coba saat singgah di Spanyol ketika mengikuti paket hemat keliling Eropa. Dalam bahasa Spanyol, tapas berasal dari kata ‘tapa’ yang artinya ‘penutup’. Sesuai dengan namanya, tapas ini merupakan makanan penutup yang biasanya disajikan bersama bir, di atas penutup gelas. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, tapas ini disajikan dalam piring dengan porsi yang kecil.

Ragam tapas di Spanyol yang bisa dicoba adalah:

  1. Calamares

Calamares sebenarnya banyak dijual di Indonesia, hanya saja dalam nama yang berbeda. Calamares merupakan cumi-cumi goreng tepung yang dipotong dalam bentuk cincin. Yang membedakan hanyalah sausnya karena di Spanyol, calamares punya ragam cocolan saus yang bisa dicoba.

  1. Chipirones

Jika bosan dengan calamares yang diolah dengan cara digoreng, maka kamu harus coba chipirones. Chipirones merupakan cumi-cumi segar yang dimasak di atas wajan atau a la plancha. Yang menarik, cumi-cumi ini masih memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa citrus yang kuat saat digigit. Chipirones biasa disajikan dengan salad sayuran yang segar, mayones, dan juga kentang goreng.

  1. Ensaladilla

Salah satu tapas yang populer di Spanyol adalah Ensaladilla Rusa atau Russian Salad. Kudapan ini sejenis salad kentang, yang dicampur dengan mayones tuna atau udang. Mengingat Ensaladilla ini cukup mengenyangkan dan juga segar, kudapan ini sering dijadikan pilihan sebagai starter sebelum mengonsumsi tapas lainnya.

  1. Galicia octopus.

Selain cumi, olahan tapas seafood yang bisa dicoba adalah Galicia octopus. Galicia sendiri merupakan nama daerah di utara Spanyol dan masyarakatnya punya cara tersendiri untuk mengolah gurita. Gurita biasanya akan dimasak dengan lada dan merica serta olive oil hingga meresap. Tak heran jika rasa Galicia octopus ini sangat kenyal, pedas, dan juga segar. Cocok untuk dijadikan teman minum bir!

  1. Salmorejo

Salmorejo merupakan sup dingin khas Cordoba yang terbuat dari tomat, roti yang dihaluskan, minyak zaitun, dan juga krim. Biasanya, tapas ini disajikan bersama biskuit atau roti. Meski terkesan aneh, secara visual makanan ini mampu membuat kamu tergugah untuk mencobanya.

  1. Jamón Iberico.

Jamón Iberico atau yang dikenal dengan Pata Negra, merupakan tapas yang terbuat dari daging ham tipis dan dibubuhi taburan garam. Rasanya gurih dan juga nikmat.

Wih, dari berbagai tapas di atas, mana yang paling ingin kamu coba?

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *