Usia Berapa Sebaiknya Anda Ajak Anak Ke Bioskop

Sebenarnya, sudah ada aturan anak usia berapa boleh masuk ke bioskop. Dan pada intinya, Anda diperbolehkan kok untuk mengajak si kecil menonton film bioskop terbaru.

Dilihat dari kaca mata orang awam, aturan kapan diperbolehkannya anak kecil masuk ke bioskop adalah karena faktor keberanian. Anda bisa jawab pertanyaan yang satu ini. Apakah si kecil sudah berani untuk masuk ke tempat yang gelap dengan layar yang besar dan suara yang begitu keras. Dengan menjawab pertanyaan itu saja, Anda sudah bisa menerka kapan anak boleh diajak ke bioskop.

Usia Berapa Sebaiknya Anda Ajak Anak ke Bioskop

Secara umum, pihak bioskop sudah memperbolehkan anak usia 3 tahun untuk menonton film. Bahkan, sekarang ini, semakin banyak film yang dibuat khusus untuk anak balita. Dan film ini sering diputar ketika waktu liburan sekolah tiba. Namun, meskipun anak usia 3 tahun Anda sudah diperbolehkan masuk ke bioskop, tetap saja Anda harus jawab pertanyaan tersebut di atas. Apakah si kecil berani untuk menonton layar besar dengan suara yang kencang?

Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan. Pasalnya, tidak semua balita, bahkan anak sudah berusia 5 tahun berani menonton film bioskop. Biasanya mereka takut ketika lampu mulai dipadamkan dan film dimulai. Anda tidak ingin mengganggu penonton lainnya karena anak Anda menangis sekencang-kencangnya lantaran takut, bukan?

Selain itu, sebaiknya Anda juga pilih jenis film yang akan ditonton. Jangan sekali-kali Anda ajak anak menonton film horror atau film triller ya. Titipkan kepada orang tua atau kerabat jika Anda ingin menonton film semacam ini. Untuk anak-anak, tentu film yang tepat adalah film animasi atau film yang bercerita tentang anak-anak.

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus memberikan pengertian terlebih dahulu kepada anak jika Anda mengajaknya menonton bioskop. Apalagi jika itu adalah kali pertama Anda mengajak anak ke bioskop. Beri gambaran tentang suasana seperti apa ketika ia masuk ke dalam ruangan bioskop.

Usahakan agar Anda membawa cemilan yang disukai oleh si kecil. Bawa juga minuman agar ketika ia haus, ia tidak rewel hingga akhirnya Anda harus meninggalkan bioskop untuk keluar mencari minuman.

Akan lebih baik jika Anda mengajak anak ke toilet untuk buang air kecil atau bahkan buang air besar sesaat sebelum masuk bioskop. Ini sebagai langkah antisipasi agar anak tidak tiba-tiba minta keluar lantaran ingin buang air kecil atau besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *