Ubah Hunian Menjadi Smart Home, Yuk!

Smart home? Apa itu dan bagaimana penerapannya? Sesuai dengan namanya, smart home merupakan hunian pintar yang penerapannya memanfaatkan internet sekaligus teknologi canggih. Dengan memilih konsep hunian seperti ini, maka akan membuat hunian terlihat semakin keren dan akan lebih memudahkan Anda, tentunya. Untuk itu, yuk, terapkan pada hunian atau Apartemen BSD yang Anda tempati.

Lantas, seperti apakah penerapan konsep hunian satu ini? Yuk, simak!

  1. Pasang smart lighting

Salah satu cara menciptakan smart home di dalam hunian adalah dengan memasang smart lighting. Melansir dari dekoruma.com, smart lighting sendiri merupakan pencahayaan di dalam hunian yang bisa diatur dengan mudah melalui ponsel ataupun hanya sensor tangan. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan menyalakan dan mematikan lampu di rumah.

Bukan cuma itu, smart light ini juga bisa Anda atur secara otomatis, misalnya lampu sudah harus menyala jam 5 pagi dan mati di jam 10 malam.

  1. Gunakan pintu dengan sidik jari maupun pin

Agar hunian Anda semakin aman, maka tingkatkan keamanan dengan pintu yang memakai pin ataupun sidik jari. Dengan dilengkapi teknologi yang mumpuni, pintu dengan sistem canggih ini akan sulit untuk dibuka oleh orang yang tidak dikenal.

Namun, berhati-hatilah jika menggunakan pintu dengan sistem ini karena bisa membahayakan untuk Anda karena apabila pintunya rusak bisa dibuka dengan mudah oleh orang lain. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakanlah smart door yang tidak hanya dilengkapi dengan pin dan sidik jari tapi juga kunci manual.

  1. Pasang CCTV (Closed Circuit Television)

Selain menggunakan sidik jari dan pin di pintu, pasanglah CCTV di hunian Anda. Seperti diketahui, CCTV sendiri merupakan sistem keamanan yang biasanya dipasang pada hunian dan digunakan untuk memantau sekaligus merekam kejadian penting seperti terjadinya tindakan kejahatan.

Dengan dipasangnya CCTV ini, tentu hunian Anda akan jauh lebih aman karena Anda bisa mengeceknya setiap waktu. Bahkan, Anda bisa mengeceknya langsung lewat handphone.

Selain ketiga hal di atas, Anda juga bisa menggunakan televisi berbasis internet untuk menciptakan smart home pada hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *