Trik Membuat Adonan Kue yang Mengembang Sempurna

Membuat adonan kue mengembang

Kue yang mengembang sempurna tentu menjadi hasil akhir yang sangat diharapkan oleh siapa pun yang hendak memanggang kue. Terlebih jika kue tersebut ditambahkan dengan parutan keju mozarella. Hmm, kue yang mengembang dengan lelehan keju di atasnya? Wah, membayangkannya saja membuat air liur terbit! Namun demikian, membuat adonan kue yang mengembang sempurna tak semudah kelihatannya. Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan agar kue bisa matang dengan tekstur mengembang dan tidak bantet:

  1. Pastikan takarannya sudah tepat. Jika Anda mengikuti resep kue dari buku memasak, maka usahakan untuk menggunakan bahan-bahan dengan takaran yang tepat. Jangan mengurangi atau menambah takarannya secara sengaja. Mengapa? Pasalnya, resep tersebut dibuat dengan perhitungan yang hati-hati. Mengubah takarannya tentu berisiko membuat adonan kue Anda menjadi gagal mengembang. Sementara itu, jika Anda menggunakan bahan-bahan yang ditentukan dengan jumlah yang tepat, maka tekstur dan rasa yang didapatkan pun akan lebih nikmat.
  2. Tambahkan gula saat adonan putih telur sudah mengembang. Sebagian besar orang lebih suka mencampurkan gula pasir bersamaan dengan putih telur. Padahal, gula berpotensi membuat putih telur gagal mengembang. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengocok putih telur terlebih dahulu sampai mengembang, baru masukkan gula pasir. Tuang gula sedikit demi sedikit dan aduk dengan mixer berkecepatan sedang. Adonan kue pun akan mengembang secara sempurna.
  3. Atur temperatur oven sebelum mulai memanggang. Ketika Anda tengah menyiapkan adonan kue, jangan lupa untuk menyalakan oven dan panaskan dengan api kecil. Dengan demikian, ketika adonan sudah dituang ke dalam loyal dan hendak dipanggang, temperatur oven pun sudah siap. Sebagai catatan: agar adonan mengembang sempurna, temperatur oven tidak boleh terlalu panas, ya. Jika memang oven sudah telanjur panas, diamkan dulu selama beberapa saat sebelum memasukkan adonannya.
  4. Jangan membuka oven terlalu sering. Saat adonan kue sudah masuk oven, Anda mungkin merasa penasaran dengan perkembangannya dan kerap mengeceknya dengan membuka pintu oven. Nah, hal ini sebaiknya dibatasi. Sebab terlalu sering membuka pintu oven akan membuat kue menjadi bantet dan mengeras. Baiknya, gunakan timer untuk memastikan kue matang secara sempurna. Anda juga bisa memantau adonan kue dari kaca oven tanpa harus membuka pintunya.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan kue Anda bisa mengembang secara sempurna. Semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *