Tips Agar Printer di Rumah Lebih Hemat Tinta

printer rumah awet

Bagi kamu yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, printer merupakan salah satu perangkat yang wajib ada di rumah. Sebab ada banyak sekali dokumen yang harus kamu cetak setiap harinya, sehingga kehadiran printer ini akan sangat membantu. Hanya saja, meski sudah menggunakan printer hemat tinta dan menyimpan printer dengan aman dan mudah di rumah sehingga selalu siap digunakan, terkadang printer di rumah juga sering boros sehingga kamu harus mengganti tintanya beberapa kali.

Lantas, apa ya yang harus dilakukan agar printer di rumah lebih hemat tinta? Yuk, simak trik di bawah ini:

  • Selalu cek dokumen yang ingin dicetak

Sebelum mencetak dokumen, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu. Teliti lagi, apakah kamu benar-benar membutuhkan semuanya atau hanya halaman tertentu saja. Seringkali, hanya karena ingin serbacepat dan tidak teliti, kamu membuat tinta printer dengan percuma karena asal mencetak dokumen. Jangan sampai ini terjadi, ya!

  • Perhatikan font yang digunakan

Semakin besar dan semakin tebal font tentu akan memakan banyak tinta. Oleh sebab itu, perhatikan juga font yang digunakan dalam dokumen yang ingin dicetak. Jika memungkinkan, pilih ecofont atau font yang memiliki lubang-lubang kecil di setiap hurufnya. Sesuai dengan namanya, ecofont ini sangat ekonomis karena bisa menghemat tinta hingga 20% dibanding dengan font biasa.

  • Double-check dengan print preview

Selain dua poin di atas, jangan lupa juga untuk mengecek dokumen menggunakan print preview. Fitur ini berguna untuk membantu kamu mengecek dokumen dan menemukan kesalahan berupa typo atau spacing yang mungkin terlewat. Dengan begitu, kemungkinan untuk cetak ulang karena ada salah ketika bisa dikurangi.

  • Manfaatkan mode draft

Jika kamu hanya ingin mencetak dokumen tanpa gambar alias hanya berisi tulisan saja, coba manfaatkan mode draft, yuk! Mode ini memungkinkan kamu untuk menghemat tinta karena resolusi kualitas cetaknya lebih rendah. Namun demikian, jangan khawatir dengan kualitasnya. Tulisan di dokumenmu akan tetap terbaca, kok!

  • Ingin mencetak gambar? Tingkatkan kecerahannya

Terakhir, satu trik lagi nih agar tinta printermu lebih hemat. Jika ingin mencetak gambar, perhatikan tingkat kecerahannya. Gambar dengan pencerahan rendah akan memakan lebih banyak tinta karena gelap. Sementara jika tingkat kecerahannya tinggi, otomatis tinta pun akan semakin hemat.

Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda untuk menghemat tinta printer, ya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *