Tips Penggunaan Lem Pipa. Pilih Produk yang Tepat!

Tips Penggunaan Lem Pipa. Pilih Produk yang Tepat!

Lem pipa merupakan lem khusus yang digunakan untuk proses penyambungan pipa. Proses penyambuangn pipa dengan lem membutuhkan cara yang tepat untuk terhindar dari kemungkinan merekatkan lem pada pipa-pipa yang keliru. Kali ini kami memberikan tips untuk penggunaan lem pipa yang benar dan aman untuk kamu yang akan melakukan aktivitas penyambungan pipa.

  1. Membersihkan Pipa

Pertama sekali yang harus dilakukan sebelum merekatkan pipa adalah membersihkan piapa terlebih dahulu. Membersihkan pipa cukup dilakukan dengan menggunakan ampelas. Hal ini untuk menghindari kemungkinan buruk saat merekatkan pipa, karena pipa yang teah bersih akan memudahkan proses perekatan.

  1. Mengoleskan Lem

Jika telah selesai membersihkan pipa, selanjutnya oleskanlah lem pipa pada bagian pipa yang akan disambung.

Menyambungkan Pipa dengan Lem Pipa
Gambar: Freepik
  1. Menyambungkan Pipa

Terakhir adalah menyambungkan pipa pada saat kondisi lem pipa masih basah. Kemudian tunggulah hingga lem pipa mengering dengan sempurna dan sambungan pipa sudah aman untuk digunakan.

Memilih Jenis Lem Pipa

Dipasaran terdapat banyak jenis lem pipa yang dapat digunakan. Penggunaan jenis lem pipa didasarkan pada material pipa yang akan disambung, umumnya pipa yang menggunakan lem pipa adalah berbahan plastic atau PVC. Berikut adalah jenis lem pipa yang dapat digunakan untuk menyambung pipa.

  1. Lem pipa Ruglue dari Rucika

RUGlue adalah lem pipa yang juga bisa dipergunakan untuk sambungan (fitting) PVC. Keunggulan lem ini dapat digunakan untuk mensenyawakan (solvent cement) pipa dan sambungan (fitting) PVC untuk beragam produk rumah tangga sampai dengan proyek-proyek besar.

  1. Lem PVC

Lem PVC adalah jenis lem khusus untuk merekatkan pipa dengan bahan PVC. Penggunaan lem ini harus hati-hati karena bahannya yang mudah terbakar.

  1. Lem Kaca

Lem kaca memang dikhususkan unutk merekatkan kaca, namun banyak juga yang menggunakan lem kaca untuk merekatkan pipa.

  1. Lem Power Glue

Lem Power Glue adalah lem banyak digunakan untuk merekatkan pipa karena kekuatannya. Lem power glue bahkan juga dapat digunakan untuk merekatkan pipa dengan bahan aluminium, besi dan serupa lainnya. Lem power glue adalah jenis lem yang banyak dianjurkan sebagai lem untuk menyambung pipa.

  1. Lem Korea

Lem korea sangat mudah didapatkan di pasaran dan banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Keunggulannya adalah sifat yang mudah meerkat dan sangat kuat. Hanya saja, lem korea akan cepat mengeras, sehinga disarankan untuk menutupnya dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *