Tips Mudah Mengatur Kembali Pola Jam Tidur

cara mengatur jam tidur

Pola jam tidur seseorang dipengaruhi oleh jam biologis yang mengaturnya kapan harus bangun dan kapan harus tidur. Mengutip Hello Sehat, perubahan jam tidur seseorang biasanya terjadi ketika ada perubahan aktivitas di antara kedua waktu tersebut. Misalnya adalah ketika berulang kali bergadang atau tidur terlalu lama. Tanpa bantuan layanan perawat ke rumah, berikut adalah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan pola jam tidurmu yang sudah berubah.

  1. Buat rutinitas tidur

Fase WFH seperti sekarang ini mungkin membuatmu jadi sering berdagang. Akibatnya, pola jam tidurmu bergeser menjadi lebih malam dan terbangun lebih siang. Untuk mengembalikannya ke waktu semula, kamu perlu membuat rutinitas tidur yang baru. Caranya adalah tidur lebih dini untuk durasi 7-8 jam hingga waktu bangun yang kamu inginkan. Mula-mula memang akan sulit untuk tidur lebih cepat, namun kamu bisa menyiasatinya dengan bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang membuat pikiranmu rileks. Setelah itu, kamu bisa coba untuk tidur kembali.

  1. Konsisten menjalankan kebiasaan baru tersebut

Pola jam tidur terbentuk karena sebuah kebiasaan berulang. Oleh sebab itu, konsistenlah menjalankan pola jam tidur baru tersebut selama satu minggu termasuk pada akhir pekan. Dengan melakukan ini, niscaya pola jam tidurmu akan berubah.

  1. Hindari menambah waktu tidur

Menunda-nunda bangun—dengan men-snooze alarm—bisa menggagalkan rutinitas tidur baru yang sedang kamu jalankan. Makanya, ketika alarm waktu bangun sudah berbunyi, lekaslah bangun dan hindari untuk lanjut tidur. Hal ini bertujuan untuk menjaga pla jam tidur baru yang sedang kamu susun.

  1. Atur pola konsumsi makanan dan minuman

Makanan dan minuman juga memiliki kontribusi penting terhadap pola jam tidur. Ketika kamu mengonsumsi kafein (kopi, teh, atau sumber lainnya) dalam rentang kurang dari 12 jam sebelum jam tidurmu, pola jam tidurmu bisa terdampak. Begitu juga kalau kamu menegak terlalu banyak air ataupun alkohol dan mengonsumsi makanan asam dan pedas sebelum tidur. Makanya, hindarilah mengonsumsi kafein, alkohol, juga makanan asam dan pedas beberapa jam sebelum tidur, ya.

Itu dia 4 tips mudah untuk mengatur kembali pola jam tidur. Hindari pula untuk tidur di waktu kamu harus terjaga. Semoga kiat-kiat di atas bisa membantumu mengubah pola jam tidurmu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *