Tips Meninggalkan Mobil yang Jarang Digunakan di Garasi Rumah

Mobil di garasi

Menghindari macet dan lebih memilih menaiki transportasi umum, menjadi alasan utama mengapa banyak pemilik kendaraan roda empat yang meninggalkan mobil mereka di garasi rumah dalam waktu yang cukup lama. Sekalipun ditinggalkan, pemilik mobil tentu tak boleh abai dengan mobil mereka dan harus selalu mengawasi serta merawatnya dengan baik. Untuk pengawasan, bisa dengan cara memasang kamera cctv tanpa kabel murah di garasi maupun pekarangan rumah. Dengan memasang kamera pengawas ini, pemilik mobil bisa selalu mengawasi kendaraan mereka meski terparkir di garasi.

Sedangkan, untuk perawatannya, bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini, di antaranya:

  1. Cuci mobil secara rutin

Meski jarang digunakan, cucilah mobil Anda secara rutin. Mencuci mobil tentu dapat menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel di permukaan mobil dan mobil pun akan terlihat lebih kinclong. Namun, pastikan mobil tersebut benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam garasi agar mobil tidak jamuran dan disarankan menambahkan pengharum mobil.

  1. Isi ban mobil lebih padat dari biasanya

Isilah ban mobil lebih padat dari pengisian biasanya. Harus, kah? Yap, tujuannya untuk menghindari agar angin ban tidak habis ketika ban mobil kempes serta tidak merusak ban tersebut. Selain itu, Anda juga disarankan menggunakan jack stand yang bisa menopang kendaraan. Jangan memakai pendongkrak karena ditakutkan nanti malah dongkrak tersebut rusak akibat terlalu lama menahan beban berat mobil.

  1. Lepaskan rem tangan ketika memarkir mobil

Baiknya lepaskan rem tangan ketika memarkir mobil di garasi. Jika tak dilepas, maka bisa mengakibatkan rem menjadi lengket. Bila dibiarkan lama tentu bisa menyebabkan lepasnya kampas rem tromol mobil. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melepaskan rem tangan tersebut ketika meninggalkannya di garasi mobil.

  1. Taruh kamper untuk mengusir serangga

Mobil yang dibiarkan lama ditaruh di garasi rumah akan sangat mudah ditempeli serangga. Untuk itu, jangan sampai lupa menaruh kamper di sekitaran mobil Anda. Serta, taruh cengkeh di area yang diinginkan. Cengkeh sangat berguna untuk menghindari masuknya semut ke dalam mobil.

So, agar mobil Anda tetap terawat dengan baik meski ditinggal di garasi rumah, maka cobalah menerapkan beberapa hal di atas. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *