Lakukan Beberapa Hal Ini Saat Akan Mendahului Kendaraan Lain

tips menyalip kendaraan

Saling mendahului di jalan raya bukanlah sesuatu yang asing. Hanya saja, menyalip kendaraan lain bukan sekadar memastikan situasi sudah tepat saja, tetapi ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan. Seperti kondisi mesin mobil yang harus mampu mendukung hal tersebut. Itulah sebabnya memastikan mobil dalam kondisi baik dengan menggunakan oli mobil terbaik harus dilakukan.

Selain itu, ada beberapa etika yang juga harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Nyalakan lampu sein

Berikan tanda pada pengguna jalan lain bahwa Anda hendak menyalip kendaraan mereka dengan menyalakan lampu sein. Dengan demikian, pengemudi yang ada di depan dan belakang Anda bisa menjaga jarak dan memberikan jalur yang aman untuk salip. Lupa menyalakan lampu sein dan langsung menyalip begitu saja bisa membahayakan karena dapat menyebabkan tabrakan.

  1. Ambil jalur kanan

Selalu gunakan jalur kanan untuk mendahului kendaraan lain dan jangan menyalip dari jalur kiri. Ingatlah jalur kiri diperuntukkan untuk kendaraan yang berjalan normal atau dengan kecepatan perlahan sementara jalur kanan diperuntukkan untuk menyalip atau mendahului.

  1. Tingkatkan kecepatan

Hal lain yang harus diperhatikan saat menyalip adalah kecepatan berkendara Anda. Saat hendak mendahului, kecepatan Anda harus lebih tinggi dibanding kendaraan yang ingin disalip. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari benturan dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Namun demikian, sebelum mendahului, pastikan jalur di depan aman dan memungkinkan untuk menyalip, ya!

  1. Jangan menekan klakson secara berlebihan

Kebiasaan buruk saat berkendara yang kerap dilakukan oleh pengemudi adalah menekan klakson secara terus menerus. Mungkin maksudnya hendak memberi tanda, namun hal tersebut justru mengganggu konsentrasi serta menimbulkan rasa terkejut pada pengemudi lain. Jika hendak menyalip, menyalakan lampu sein saja sudah cukup, kok. Atau jika pun perlu menekan klakson, cukup bunyikan satu kali saja.

  1. Hindari melakukan gerakan tiba-tiba

Terakhir, hindari untuk melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti mengerem mendadak, mengurangi kecepatan, atau mengubah arah mengemudi sembarangan. Selain membahayakan diri sendiri, tindakan ini juga bisa membahayakan pengendara lain.

Lima hal di atas merupakan beberapa langkah yang harus diperhatikan saat hendak mendahului kendaraan lain. Ingatlah untuk tetap berhati-hati saat berkendara, perhatikan sekeliling sebelum mendahului, dan pastikan keadaan jalanan memungkinkan untuk Anda menyalip. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *