Tips Memasang Hidraulic Hose yang Tepat

Hidraulic hose atau yang sering disebut sebagai selang hidrolik merupakan salah satu komponen sistem hidrolik yang berfungsi membawa cairan bertekanan tinggi dalam mesin hidrolik. Sama halnya seperti Fire Suppression System yang sangat diperlukan di industri pertambangan, selang hidrolik juga dibutuhkan dalam industri pertambangan. Selain pertambangan berbagai bidang seperti industri minyak dan gas, agrikultur dan konstruksi pun kerap menggunakannya. Para ahli mengatakan bahwa penting untuk memilih selang hidrolik yang dirakit dengan tepat, sesuai dengan fungsinya. Unit selang yang baik harus disertai dengan peralatan yang lengkap dan cara merakit yang tepat. Kelengkapan selang hidrolik ini bisa dicari di toko yang menyediakan Hose Fitting Hydraulic Indonesia. Alat-alat kelengkapan selang hidrolik berfungsi untuk menghubungkan selang ke pompa, katup, silinder, dan komponen lain pada keseluruhan sistem hidrolik. Ada beberapa tips pemasangan selang hidrolik yang tepat, berikut ini di antaranya (sumber: komponenalat-berat).

  • Karena hidraulic hose dipengaruhi oleh suhu, tekanan, aliran, dan kontraksi dari luar, maka jangan memasang hose terlalu kencang atau tegang karena dapat berisiko membuat hose rusak atau bocor.
  • Jika bentuk hidraulic hose terlalu bengkok dapat mengakibatan aliran turbulen. Oleh sebab itu, sebaiknya radius bengkokan hidraulic hose jangan terlalu kecil.
  • Beri celah saat memasang hidraulic hose. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, hidraulic hose sebaiknya tidak dipasang terlalu tegang karena dapat berisiko bocor. Oleh sebab itu, berikan celah dalam pemasangan agar hose memiliki ruang untuk mengembang pada waktu suhu tinggi, dan ketika menyusut pada suhu rendah.
  • Terakhir, pasang klem pada hidraulic hose yang telah terpasang. Hal ini ditujukan agar hose tidak tersentak dan bergerak ketika mendapatkan beban yang tinggi.
  • Itu dia tips-tips yang dapat membantu Anda ketika ingin memasang hidraulic hose. Namun ingat, ketika ingin memasang atau mengganti hidraulic hose, ada syarat-syarat yang harus diketahui. Misalnya seperti hose yang baru harus memiliki ukuran yang sama dengan yang sebelumnya, hose dharus dapat bertahan terhadap tekanan yang konstan dan pressure kejut, dan lain-lain.
  • Semoga tips ini dapat membantu! (Rima)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *