Tips dan Trik Mendapatkan Uang Meski Tidak Rutin Bekerja

tips mendapatkan uang meski tidak bekerja

Kebebasan finansial merupakan saat dimana seseorang tidak perlu bekerja terus menerus untuk mendapatkan uang atau penghasilan. Kebebasan finansial adalah saat dimana uang dapat bekerja untuk diri sendiri. Perkembangan finansial seperti ini pada dasarnya bisa dialami oleh setiap orang, seperti karyawan, agen asuransi, pedagang, pengusaha, dan lainnya. Namun tentu cara yang ditempuh tidak akan mudah. Diperlukan persiapan dan mental yang kuat untuk memperoleh kebebasan finansial. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana tips dan trik untuk mencapai kebebasan finansial, silahkan simak beberapa poin singkat di bawah ini. (source: finansialku)

tips mendapatkan uang meski tidak bekerja
tips mendapatkan uang meski tidak bekerja
  • Memiliki Tabungan Rencana

Langkah paling pertama yang bisa Anda lakukan adalah memulai tabungan rencana. Tabungan ini dapat dicairkan dalam waktu 1 tahun sampai 3 tahun sesuai perjanjian yang disepakati. Paling tidak tabunglah 35% dari penghasilan Anda. Hasil tabungan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis atau investasi kelak.

  • Memilih Investasi

Sambil mengumpulkan modal, Anda bisa sambil melakukan riset untuk mengetahui jenis investasi mana yang sesuai untuk Anda. Terdapat beberapa investasi seperti investasi dana reksa, saham, emas, dan lain-lain. Pelajari apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing investasi untuk menemukan mana yang paling tepat dengan karakter dan kebutuhan Anda.

  • Atau Merencanakan Bisnis

Jika sekiranya tidak ada jenis investasi yang sesuai dengan Anda, cobalah cara lain, seperti membuka bisnis misalnya. Mulai dari bisnis makanan, fashion, elektronik, dan lain-lain memiliki potensi untuk menjadi sukses. Yang penting, pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

  • Menghindari Hutang

Hutang memang bisa menjadi penolong kondisi finansial Anda. Namun, usahakan untuk tidak melakukannya dengan mudah. Hutang dapat berbalik menyerang kondisi finansial Anda jika dibiarkan menumpuk.

  • Mempersiapkan Dana Darurat

Smart planning sangat dibutuhkan dalam mengelola keuangan. Salah satu yang perlu dipersiapkan dan direncanakan adalah dana darurat. Baiknya jumlah dana darurat ini, paling tidak mencapai jumlah kebutuhan Anda selama tiga bulan. Tanpa adanya dana darurat, Anda bisa terjebak hutang dan terlilit oleh masalah finansial.

  • Disipilin

Karakter seseorang juga mempengaruhi proses mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, Anda harus disiplin dalam mengatur pengeluaran dan pendapatan sehari-hari. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Sekian tips singkat yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan kebebasan finansial. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *