Tips Cerdas Menghemat Pindahan Rumah Ke Luar Kota

Bayangkan seisi rumah Anda diangkut oleh mobil box atau truk fuso yang harus mondar-mandir ke luar kota, pastinya membutuhkan banyak tenaga dan budget yang dikeluarkan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menghemat perpindahan Anda lho, berikut tipsnya:

tips pindah rumah
tips pindah rumah
  1. Pertimbangkan waktu

Rencanakan dan pastikan dahulu berapa lama Anda akan menempati hunian di luar kota. Jika Anda hanya menempatkan selama satu tahun, berarti Anda tidak perlu memindahkan seluruh barang di rumah. Tapi jika memang Anda berencana untuk menetap di kota tersebut, berarti Anda harus menetapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa.

  1. Gunakan jasa angkut dalam sehari

Daripada mondar-mandir menggunakan mobil kecil atau kendaraan dengan muatannya sedikit, sebaikanya Anda memaksimalkan space truk atau mobil box yang besar sehingga tidak perlu dua kali untuk mondar-mandir dan harga sewanya jatuhnya akan sama saja bahkan akan lebih murah, karena ongkos bahan bakarnya yang jauh lebih irit.

  1. Gunakan kain dan kaus kaki

Daripada menggunakan bubble wrap untuk membungkus barang-barang yang mudah pecah, lebih baik menghemat dengan menggunakan kain bekas atau kaus kaki yang dilapisi pada barang-barang Anda.

  1. Manfaatkan mobil pribadi

Apabila Anda memiliki mobil pribadi yang ikut dibawa pindah ke luar kota, manfaatkan space yang ada untuk barang-barang kecil yang muat disana. Gunakan untuk kebutuhan pribadi milik Anda dan keluarga serta barang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda agar tidak tercecer.

  1. Hindari pekerjaan movers

Ketika akan memindahkan barang-barang ke rumah baru, mobil box atau truk akan jadi pilihan yang tepat dan efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga Anda akan menghemat biaya dan waktu. Alternatif lainnya, mintalah bantuan teman terdekat untuk memindahkan barang-barang Anda ke rumah baru. Apalagi jika teman Anda memiliki sebuah truk atau mobil box atau bak terbuka yang bisa dimanfaatkan. Pastinya Anda akan lebih hemat dengan bantuan dari orang-orang terdekat.

  1. Jual barang-barang yang tidak penting lagi

Hal yang paling sulit ketika membenahi rumah ataupun pindah rumah adalah menyingkirkan barang-barang, apakah dibuang, dijual, ataupun disimpan. Namun, coba Anda tanyakan pada diri sendiri, apakah barang ini masih bermanfaat dan penting untuk masa depan? Setidaknya, agar Anda dapat lebih hemat barang yang diangkut. Jika Anda memiliki furnitur, pajangan, sepatu atau pakaian yang masih layak pakai, cobalah untuk menjualnya melalui bazar atau membuat garage sale di halaman depan rumah. Selain jumlah barang pindahan berkurang, Anda juga bisa menambah pundi-pundi uang untuk biaya pindahan.

Jadi, jangan khawatir, dengan berbagai tips diatas, Anda tetap bisa menghemat walaupun jarak hunian baru Anda yang jauh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *