Tips Berburu Tiket Kereta Api Online dengan Harga Murah

Tips Berburu Tiket Kereta Api Online

 

Anda lebih nyaman menggunakan kereta api saat bepergian? Sayangnya terkadang sangat sulit mendapatkan tiketnya. Apalagi saat menjelang high season, seperti akhir pekan, natal, tahun baru, lebaran dan liburan sekolah. Meskipun sudah dijual secara online tetap saja sebagian orang seringkali kehabisan. Nah, berikut ini tips untuk mendapatkan tiket kereta api online, bahkan dengan harga lebih murah.

Segera Reservasi Tiket Tiga Bulan Sebelum Keberangkatan

Tentunya kalau Anda sudah melakukan perencanaan lebih awal, maka akan memudahkan dalam pemesanan tiket kereta apinya. Anda bisa segera pesan tiketnya begitu sudah masuk hitungan H-90. Khususnya menjelang lebaran, maka Anda harus bergegas melakukan pemesanan. Karena dalam beberapa menit saja tiketnya bisa ludes terjual. Jadi agar tidak kehabisan tiket, segera melakukan pemesanan yang bisa dilakukan dengan beragam cara.

Agar tidak merepotkan seperti pergi ke stasiun, terjebak macet di jalan, mengantri panjang untuk memesan dan membayar tiketnya, sebaiknya memesan tiket secara online. Cara ini terhitung lebih praktis, aman, hemat biaya, dan hemat tenaga. Langkah lain yang bisa ditempuh adalah memesan tiket melalui minimarket yang buka 24 jam. Sehingga sewaktu-waktu Anda bisa melakukan pemesanan tiketnya.

Jadi cara pemesanan tiket kereta api bisa menempuh berbagai cara. Untuk pembelian via online, bisa melalui website atau situs resmi PT KAI (Persero), dan situs booking tiket yang termasuk dalam jaringan penjualan tiketnya. Nah, kalau Anda ingin memesan secara offline, bisa mendatangi seluruh jaringan minimarket yang menawarkan penjualan tiket kereta api.

Agar tidak sampai terjadi kesalahan terkait nama pemilik tiket, nama kereta, tanggal dan jam keberangkatan, serta jumlah kursi yang dipesan, selalu pastikan semua data sudah benar sebelum melakukan transaksi pembelian. Tidak perlu tergesa-gesa karena takut tidak kebagian tiket, tetapi justru informasi yang diberikan salah.

Kalau transaksi pembelian tiketnya berhasil, pastinya Anda bisa merasa tenang. Anda tinggal mencetak tiketnya di stasiun keberangkatan. Tapi bagaimana kalau ternyata pada tanggal keberangkatan Anda tidak bisa pergi, karena ada halangan atau keperluan penting lainnya? Sehingga Anda harus menunda keberangkatan.

Tenang saja, Anda bisa membatalkan tiket kereta apinya. Caranya dengan mendatangi customer service PT KAI yang berada di stasiun. Anda bisa membatalkan pembelian tiketnya karena alasan tertentu. Selanjutnya uang tiket akan dikembalikan. Namun Anda harus menunggu selama satu bulan untuk pencairan dananya.

Anda bisa mendatangi kembali bagian pelayanan pelanggan untuk pencairan dana tiketnya. Akan tetapi Anda tidak akan mendapatkan dananya secara penuh. Oleh karena akan dipotong beberapa persen sebagai biaya administrasi dari pembatalan tiketnya. Tapi tentunya tetap lebih baik, daripada tidak mendapatkan uang pengembalian sama sekali.

Pesan Tiket Pada Dini Hari

Pesan Tiket Kereta Api

Persaingan untuk mendapatkan tiket kereta api memang sangat tinggi. Khususnya untuk pembelian tiket menjelang lebaran, akhir pekan, natal, libur panjang dan sebagainya. Untuk itu, memaksa setiap calon pemesan untuk terjaga di dini hari. Oleh karena penjualan tiket kereta api online sudah bisa diakses mulai jam 24.00 WIB.

Ratusan hingga ribuan orang akan bersaing mendapatkan tiket kereta api yang diinginkannya. Sehingga dalam beberapa menit saja, tiketnya bisa habis terjual. Kadang kala websitenya juga mengalami gangguan, akibat sangat banyaknya orang yang mengaksesnya. Dengan begitu, Anda bisa saja kesulitan untuk membuka situsnya apalagi untuk melakukan pemesanan tiketnya.

Hal tersebut biasanya tidak hanya terjadi pada website PT KAI saja, tetapi juga terjadi pada situs booking tiket online yang bekerja sama dalam penjualan tiketnya. Tapi tenang saja, karena harapan untuk mendapatkan tiket buruan Anda bisa saja masih terbuka.

Kalau Anda tidak mendapatkan tiket, Anda bisa menunggu satu hingga tiga jam kemudian untuk melakukan transaksi pemesanan tiketnya. Biasanya jumlah orang yang mengakses situs penjualan tiketnya tidak sebanyak pada jam 12 dini hari. Jadi lebih nyaman dalam mengakses situsnya dan ada pula kemungkinan mendapatkan tiket kereta apinya.

Penting untuk dipahami kalau PT KAI memberikan batasan waktu hanya tiga jam bagi pemesan tiket untuk membayarnya. Nah, kalau ada sejumlah orang yang gagal melakukan pelunasan tiketnya, maka bisa menjadi peluang bagi Anda untuk mendapatkan tiketnya. Oleh karena pemesanan tiket yang tidak dibayar dalam batas waktu tersebut akan ditawarkan kembali di website penjualannya.

Gunakan Metode Pembayaran Yang Praktis

Seperti disinggung di atas kalau ada batasan waktu untuk pelunasan pemesanan tiket. Jadi agar Anda tidak terlalu lama dalam pembayarannya pastikan memilih metode pembayaran yang dianggap paling relevan atau lebih mudah. Berbagai situs booking kereta api sudah menyediakan beragam metode pembayaran. Tentunya guna memudahkan para pelanggan untuk segera melunasinya.

Beberapa pilihan metode pembayaran tiket online yang bisa digunakan adalah melalui transfer ATM, debit kartu kredit, e-banking, mobile banking, fitur dompet online dari marketplace, merchant rekanan seperti supermarket atau minimarket, dan sebagainya. Nah, dengan banyaknya metode pembayarannya pastinya semakin mudah bagi Anda untuk secepatnya menyelesaikan transaksi pembayaran tiketnya.

Jangan Sampai Terhambat Koneksi Internet Yang Tidak Stabil

Proses pemesanan tiket secara online bisa saja terhambat, gara-gara koneksi internetnya tidak stabil. Oleh karena itu, sebelum melakukan akses ke situs penjualan tiketnya  pastikan koneksi internetnya dalam kondisi normal. Dengan begitu, bisa membuka website secara cepat dan melancarkan rangkaian proses pemesanannya. Termasuk bila Anda akan melakukan pembayarannya melalui e-banking, fitur dompet online dan sebagainya.

Saat melakukan pemesanan tiket via online, maka ada sejumlah data yang harus dituliskan. Sehingga Anda membutuhkan waktu dalam pemesanan. Seperti mencantumkan nama pemesan, nama pemilik tiket, nomor identitas (KTP atau SIM), nomor kursi yang dipilih dan sebagainya. Kalau akses internetnya tidak stabil, maka bisa saja gagal dalam pemesanan tiketnya. Meskipun Anda sudah menginput seluruh datanya secara benar dan lengkap.

Kalau kegagalan berulang-ulang kali terjadi, maka tiket yang seharusnya menjadi milik Anda bisa saja didapatkan oleh orang lain. Jadi pastikan Anda menggunakan laptop atau smartphone dengan koneksi internet yang bagus. Agar tidak sampai kehilangan momen penting untuk bisa mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan.

Jangan Hanya Berharap Mendapatkan Tiket di Situs PT KAI Saja

Penting dipahami kembali kalau untuk membeli tiket kereta api secara online tidak hanya melalui website PT KAI saja. Anda juga bisa memesan tiketnya di sejumlah situs booking online, marketplace, minimarket dan sebagainya. Tentunya bagi website atau merchant yang sudah bekerjasama resmi sebagai agen penjualan tiketnya. Pengetahuan ini juga sangat penting Anda ketahui, biar tidak sampai kehabisan tiket.

Berbagai promo atau diskon seringkali digelar untuk pembelian tiket pesawat terbang. Sayangnya untuk tiket kereta api terbilang jarang terjadi. Bisa mendapatkan tiketnya saja bisa dibilang sudah beruntung. Namun, sebenarnya Anda juga berkesempatan mendapatkan beragam promo menarik saat pembelian tiket kereta api.

Tentunya dengan mengikuti kabar terkini dari website booking tiket yang menawarkan keuntungan lebih tersebut. Termasuk berbagai promo yang digelar oleh merchant penjualan tiket kereta api. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan potongan harga, cashback, hadiah produk tertentu dan lain sebagainya. Pastinya program promo tersebut memberikan keuntungan lebih untuk pembelian tiket kereta api online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *