Tebet Juga Punya Taman Kota yang Menarik, Loh!

taman kota Tebet

Meningkatnya polusi udara membuat banyak masyarakat mulai suka berwisata ke lokasi yang dipenuhi dengan pepohonan. Bahkan, ada juga beberapa hotel di Tebet Jakarta yang melengkapi fasilitas hotelnya dengan taman yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai tamunya. Sementara untuk destinasi wisata sendiri, mereka tidak harus selalu ke tempat wisata yang berupa hutan seperti hutan lindung. Bermain ke taman kota yang ada di dekat mereka juga sudah cukup menyegarkan.

Nah, jika Anda sedang berada di Tebet dan ingin bersantai di taman, Anda bisa datang ke Taman Kota Tebet. Taman ini dibangun pada tahun 2010 pada era Fauzi Bowo sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelum menjadi taman, lokasi tersebut menjadi tempat permukiman kumuh warga Jakarta dengan membangun bangunan semi permanen di atasnya. Tidak hanya itu, lokasi ini pada masa tersebut juga menjadi tempat pembuangan sampah hingga akhirnya proyek pembangunan taman kota mulai direalisasikan.

Pembangunan taman kota ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah provinsi DKI Jakarta dengan salah satu perusahaan otomotif motor di Indonesia. Perusahaan tersebut menggunakan sebagian hasil penjualan produknya di IIMS (Indonesia International Motor Show) pada tahun 2009 untuk menyumbangkan pohon berjumlah 1.180 pohon untuk ditanamkan di taman ini. Itulah sebabnya, dulu taman seluas 1.800m2 ini menggunakan nama perusahaan tersebut karena merupakan bagian dari CSRnya. Namun saat ini kerja sama tersebut telah usai dan pengelolaan taman ini sudah kembali sepenuhnya pada pemerintah DKI Jakarta, sehingga namanya saat ini berubah menjadi Taman Kota Tebet.

Dari sejak selesai pembangunan hingga saat ini, taman ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Banyak yang datang ke sini hanya untuk bersantai dan mengobrol bersama kerabat atau untuk berolahraga. Meskipun berada di tengah kota, ketika Anda berada di taman ini Anda pasti akan merasakan suasana berbeda karena tidak menemukan adanya polusi dan kemacetan kendaraan.

Rencananya, taman ini akan dilakukan revitalisasi kembali pada tahun 2019 ini dan akan ditambahkan beberapa fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *