Tak Perlu Was-was, Ini Cara Memastikan Si Kecil Aman Sampai di Sekolah

mengantarkan anak ke sekolah

Sebagai orangtua, tentu wajar-wajar saja jika merasa khawatir akan keamanan Si Kecil. Baik saat ia sedang bermain di tempat hiburan anak di Jakarta, atau saat ia berangkat sekolah. Tak dapat dipungkiri, memang ada beberapa risiko yang dapat mengintai anak ketika ia sekolah. Apalagi, Anda tak mungkin menjangkau anak-anak saat sekolah. Namun, khawatir berlebihan juga tidak ada gunanya. Anda hanya perlu mendoakan yang terbaik dan melakukan beberapa tips ini agar Si Kecil bisa tetap aman saat tiba di sekolah.

  • Minta orang terpercaya untuk mengantar

Tak semua orangtua cukup beruntung dapat mengantar anaknya sekolah setiap hari. Beberapa orangtua harus bekerja dan tak sempat mengantar anak-anak. Jika Anda tidak bisa mengantar anak ke sekolah, maka Anda bisa meminta tolong saudara atau orang yang bisa dipercaya untuk mengantarnya. Anda bisa meminta kontak orang yang mengantar Si Kecil untuk memastikan mereka telah tiba di sekolah dengan selamat.

  • Berikan penjelasan pada anak

Yang namanya anak kecil mungkin masih polos dan tidak menyadari ketika ada orang yang memiliki motif jahat. Padahal, tak jarang kasus penculikan anak yang berhasil akibat anak-anak mudah dekat dengan orang asing. Sebenarnya mudah berkenalan dengan orang lain bisa menandakan bahwa anak Anda memiliki kemampuan sosial yang baik, tetapi hal ini bisa berisiko.

Maka dari itu, sejak awal berikan penejelasan pada anak Anda untuk lebih berhati-hati terhadap orang yang belum ia kenal. Minta ia segera melaporkan pada guru di sekolah jika ada orang asing yang berbicara dengannya.

  • Antisipasi jika Si Kecil tersesat

Tak ada yang mau anaknya mengalami hal ini, tapi bukan berarti Anda tidak perlu mengantisipasinya. Untuk mengantisipasi kemungkinan tersesat di jalan, mintalah anak untuk mengingat nama lengkap orangtua, alamat rumah, dan nomor ponsel orangtua. Jangan lupa juga untuk membekali anak dengan catatan informasi penting tersebut. Jika memungkinkan, Anda bisa memberikannya jam tangan atau gadget yang memiliki GPS agar Anda bisa mengetahui lokasinya. Namun, jangan terlalu fokus dengan GPS, sebaiknya gunakan saja ketika dalam kondisi darurat.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *