Suka Makan pada Malam Hari? Inilah 5 Efek Sampingnya

dampak buruk makan malam

Pasti tidak jarang Anda mendengar tentang tidak baiknya makan pada saat sudah malam. Banyak yang bilang juga kalau makan malam dapat menjadi penyebab penyakit-penyakit yang akan datang di masa mendatang. Walaupun Anda sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik, tetap saja Anda harus mencerna omongan orang tentang baik atau tidaknya makan pada saat malam hari.

Terkadang makan di saat malam hari ini memang sangat nikmat karena tidur akan sangat menjadi lebih pulas saat perut dalam keadaan kenyang. Pasalnya, Mengonsumsi makanan padat kalori di siang hari dapat memberikan tambahan energi, mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika makanan kaya kalori dikonsumsi pada malam hari, justru bisa berakibat sebaliknya. Untuk mengetahui bahaya apa saja yang dapat terjadi pada tubuh Anda jika terbiasa makan pada saat malam hari, simak artikel ini lebih lanjut.

  1. Menambah berat badan

Makan pada saat malam hari pastinya akan membuat Anda bertambah berat badan. Hal ini dikarenakan setiap keadaan perut manusia dalam keadaan kenyang, keinginan untuk berpindah ke posisi rebahan dan terlelap pastinya akan sangat tinggi. Jika kegiatan ini sering dilakukan, secara otomatis Anda akan bertambah berat badan karena kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak dikeluarkan kembali menjadi energi.

  1. Heartburn dan Acid Reflux

Dilansir dari doktersehat, Acid Reflux adalah kondisi umum di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar (heartburn) pada bagian tengah dada. Walau tidak setiap saat, kondisi tersebut biasanya terjadi sebagai ‘peringatan’ atas penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) kronis.

  1. Meningkatkan risiko serangan jantung

Menurut para ahli, makan pada saat malam hari yang lebih dari jam 7 dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menentukan jadwal makan Anda dengan benar dan teratur. Jangan lupa untuk sarapa sebelum beraktivitas karena sarapan dapat memberikan Anda tenaga selama bekerja. Jika Anda memang diharuskan untuk makan malam, jangan lagi memakan apapun setelah lewat dari jam 7 malam.

  1. Memengaruhi mimpi

Tore Nielsen dan Russell Powell meneliti bahwa selain makan terlalu banyak jenis makanan tertentu (produk susu dan makanan pedas), Nielsen dan Powell mendapati bahwa makan tengah malam juga merupakan penyebab mimpi yang membingungkan. Mereka mengatakan ini bisa jadi karena efek makan tengah malam sering menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal yang pada gilirannya dapat menyebabkan kesulitan tidur.

  1. Diabetes

Efek lainnya yang dapat terjadi akibat makan pada malam hari adalah diabetes. Hal ini dikarenakan oleh gula dan insulin yang sulit untuk berinteraksi satu sama lain setelah pemilik tubuh merasa kelaparan.

Itu dia beberapa akibat bahaya yang dapat terjadi jika Anda terbiasa dengan makan pada malam hari. Semoga bermanfaat.

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *