Sugar Craving Ketika Diet Biasa Diatasi dengan Cara Ini

Ketika sedang berdiet adalah wajar jika kamu mengurangi konsumsi gula harian. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi gula tak hanya berdampak pada kenaikan berat badan tetapi juga pada kesehatan tubuh. Tak heran jika banyak orang yang memiliki alat cek kadar gula darah pribadi untuk memantau kadar gula mereka. Ketika sugar craving melanda dan kamu ingin makan yang manis-manis, jangan lupa untuk cek kadar gula agar kamu tahu berapa konsumsi gula yang bisa dikonsumsi di hari tersebut.

mengatasi sugar craving
mengatasi sugar craving

Namun demikian, sebenarnya sugar craving ini bisa diatasi, lho. Dikutip dari situs Healthline, ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sugar craving ketika sedang diet:

  1. Kurangi konsumsi pemanis buatan pengganti gula. Ketika sedang diet, biasanya kamu akan mengganti gula pasir dengan pemanis buatan yang mengandung kadar gula lebih rendah. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dan tidak membahayakan, namun demikian baiknya dikurangi saja. Mengapa? Pasalnya, konsumsi pemanis buatan ini akan memancing keinginan untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis. Jadi, kalau bisa dikurangi mengapa tidak?
  2. Tidur yang cukup. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sugar craving adalah dengan tidur yang cukup. Ketika kamu kurang tidur, tubuh secara otomatis memproduksi hormon ghrelin. Seperti diketahui, hormon ini akan memicu nafsu makan yang membuat kamu terus menerus lapar sepanjang waktu. Jadi, agar kamu tidak mengalami sugar craving dan tetap berenergi, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup serta berkualitas, ya.
  3. Buah to the rescue! Ya, kalau kamu sudah tidak bisa membendung keinginan untuk makan yang manis-manis, kamu bisa mengakalinya dengan makan buah, nih. Tak hanya manis, buah-buahan juga mengandung vitamin dan serat yang bagus untuk tubuhmu. Menariknya lagi, kamu tak perlu takut timbangan naik karena buah-buahan ini menyehatkan dan bisa membantu program diet kamu. Jadi buah jelas bisa menjadi alternatif pengganti gula yang lebih sehat saat mengalami sugar carving.
  4. Biasakan untuk berjalan kaki. Untuk kamu yang belum tahu, aktivitas fisik ternyata mampu mengeluarkan hormon endorfin yang bisa menahan keinginan untuk makan makanan manis, lho. Oleh sebab itu, biasakan untuk berjalan kaki jika jarak yang akan ditempuh tidak begitu jauh, ya. Selain menyehatkan, berjalan kaki juga bisa membantu kamu dalam meredam keinginan untuk ngemil yang manis-manis.

Bagaimana, ternyata mengatasi sugar craving tidaklah terlalu sulit, kan? Sederhananya, kamu bisa mengurangi keinginan makan makanan yang manis dengan cara mengubah gaya hidup. Akan tetapi kalau dirasa sulit, kamu bisa memulainya secara bertahap. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *