Sering Dilakukan Tetapi Sebenarnya Tidak Baik Untuk Hewan Kesayanganmu

Memiliki hewan peliharaan kesayangan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian mengenai hal tersebut sudah banyak dilakukan, menurut situs healthstatus salah satunya yaitu penelitian yang dilakukan oleh Karen Alle, PhD, seorang peneliti dari University of Buffalo. Penelitian tersebut melibatkan 48 orang pemegang saham yang mengalami hipertensi. 24 orang di antaranya diberikan pilihan untuk merawat hewan antara anjing atau kucing.

Setelah beberapa waktu, dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan detak jantung pada 48 orang pemegang saham dan didapatkan hasil yang cukup mengejutkan. 24 orang pemegang saham yang memelihara hewan mengalami penurunan pada tekanan darahnya dan juga detak jantung yang lebih rendah dibanding sisanya. Hasil ini akhirnya membuat 24 orang lainnya kemudian memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan juga.

hewan peliharaan
hewan peliharaan

Selain faktor kesehatan, banyak juga orang yang memang senang memiliki hewan peliharaan di rumahnya karena beragam alasan. Mereka bahkan rela mengeluarkan uang tidak sedikit demi menyenangkan hewan peliharaannya tersebut. Sayangnya, ketidakmampuan hewan dalam berkomunikasi dengan manusia membuat kita sering salah mengartikan keinginannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering kali dilakukan oleh pemilih hewan tetapi sayangnya hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk hewan kesayanganmu:

  • Makan bersama hewan

Sangat banyak sekali pemilik hewan yang membiarkan hewan kesayangannya makan bersama dengannya. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan karena beberapa alasan:

    1. Hewan akan terbiasa mengonsumsi makanan manusia dan tidak menutup kemungkinan mereka akan mencuri makanan jika tidak ada yang memberikannya.
    2. Nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan dan manusia berbeda. Ketika hewan diberikan makanan manusia, bisa jadi mereka akan mengalami masalah dalam pemenuhan kebutuhan nutrisinya.
  • Terus memberinya makan

Takut hewan kelaparan hingga akhirnya sakit menjadi salah satu alasan mengapa pemilik hewan memberinya makan terus menerus. Padahal kebiasaan ini bisa membuatnya mengalami obesitas dan tentunya tidak akan baik untuk kesehatannya.

  • Mengurungnya terus menerus

Karena hewan kesayanganmu tidak berisik atau protes saat kamu mengurungnya di dalam kandang, bukan berarti kamu jadi boleh melakukan hal ini. Hewan adalah makhluk yang bebas, jadi biarkan mereka bebas berkeliaran sesukanya. Jika kamu tetap ingin membiasakan mereka berada di kandang, kamu harus tetap membebaskan mereka setidaknya selama beberapa jam dalam satu hari.

Bagaimana denganmu? Apa kamu termasuk salah satu yang sering melakukan hal-hal di atas pada hewan kesayanganmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *