Sehatkah Berat Badan Turun Dengan Cepat?

diet cepat

Memiliki asuransi seperti asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan tidak menjamin hidup kita bebas dari segala macam risiko. Sebab, asuransi tersebut hanya memberikan perlindungan secara finansial seandainya Anda mengalami sebuah risiko. Sayangnya, banyak pemegang polis yang merasa aman karena sudah berada dalam perlindungan asuransi sehingga terkadang tidak menjaga tubuhnya dengan baik.

diet cepat
diet cepat

Hmm, mungkin ada beberapa yang tidak setuju dengan pernyataan di atas. Yah, bagaimana mungkin seseorang tidak menyayangi tubuh sendiri? Namun, seperti itulah kenyataannya. Contohnya saja, banyak orang yang lebih mengutamakan tentang penampilannya dibanding dengan kesehatannya. Salah satunya yaitu dengan melakukan diet ekstrem demi menurunkan berat badan secara cepat. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan manapun. Kalaupun ingin melakukan diet yang dianjurkan oleh beberapa ahli kesehatan, sebaiknya kenali dulu efek samping atau risikonya. Misalnya ingin menjalankan diet keto yang sedang nge-trend, kenali dulu risiko yang mungkin terjadi saat melakukan diet keto. Jika berat badan Anda turun secara cepat, maka Anda perlu mencurigai metode diet yang Anda terapkan.

Ada beberapa alasan mengapa penurunan berat badan secara cepat sangat tidak dianjurkan, antara lain:

  1. Tubuh lemas

Orang yang ingin menurunkan berat badan secara cepat cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit. Akibatnya, tubuh akan kekurangan kalori yang seharusnya diubah menjadi energi. Hal ini akan membuat Anda merasa lemas sepanjang waktu.

  1. Masalah pada jaringan otot

Ketika tubuh sudah kekurangan bahan yang seharusnya digunakan untuk bahan bakar penghasil energi, maka tubuh akan mengambil glikogen yang berada di otot tubuh. Akibatnya, jaringan otot akan semakin rusak.

  1. Metabolisme melambat

Rusaknya jaringan otot akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sebab, massa otot yang normal akan baik untuk metabolisme tubuh. Ketika massa otot menurun akibat diet, maka proses metabolisme juga akan ikut melambat.

  1. Kekurangan nutrisi

Dalam kondisi normal, tubuh akan bisa menyerap semua nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ketika terjadi masalah pada metabolisme maka proses penyerapan nutrisi ini akan ikut terganggu.

  1. Meningkatkan risiko penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit kritis maupun penyakit biasa yang bisa menyerang Anda jika terus melanjutkan diet ekstrem tanpa pengawasan ahli gizi. Beberapa contohnya yaitu dehidrasi, penyakit lambung, ketidakseimbangan elektrolit, batu empedu, dan juga Diabetes melitus.

Ingin memiliki tubuh yang ideal adalah hal yang wajar, tetapi jika harus mengorbankan kesehatan tentu bukanlah hal yang baik. (Vita)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *