Rahasia Ruangan Tetap Sejuk di Siang Hari Meski Tanpa AC

membuat ruangan sejuk

Sederhana saja, untuk membuat ruangan lebih sejuk dan dingin, di negara tropis ini, banyak orang menggunakan AC. Namun, tak mungkin tentunya apabila setiap ruangan di rumah dipasang AC. Bisa-bisa tagihan listrik melonjak. Lantas, bagaimana cara membuat ruangan agar tetap sejuk tanpa AC? Sebab di siang hari, biasanya panas terik terasa sampai ke dalam ruangan, apalagi jika pintu UPVC dibuka, suhu udara di luar pun ikut masuk ke ruangan. Nah, agar ruangan tak terasa begitu panas, Anda bisa menerapkan tips dan trik seperti di bawah ini.

  • Tutup pintu

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika pintu langsung terhubung dengan bagian halaman luar rumah, maka membukanya hanya akan membuat ruangan terasa panas. Apalagi jika pintu berukuran besar. Sebab udara panas di luar akan segera masuk ke dalam. Untuk itu, hindari membuka pintu lebar-lebar jika ingin udara dalam ruangan lebih sejuk.

  • Tutup tirai

Kemudian, jika di ruangan tersebut ada jendela, maka tutuplah tirai pada jendela tersebut. Sebab pancaran matahari juga dapat menembus jendela dan masuk ke ruangan, sehingga membuat ruangan terasa lebih panas.

  • Plafon yang tinggi

Jika Anda berkesempatan untuk merenovasi ruangan, maka buatlah plafon ruangan lebih tinggi. Pasalnya, plafon tinggi dapat membuat aliran udara tersikulasi dengan lebih baik, sehingga membuat temperatur menjadi lebih sejuk.

  • Pasang kisi-kisi jendela

Agar ruangan lebih sejuk, sebaiknya pasang kisi-kisi jendela daripada memasang jendela biasa. Kisi-kisi jendela memiliki ukuran bukaan yang lebih kecil tetapi lebih banyak. Hal ini membuat suhu di yang masuk dari luar dapat menjadi lebih sejuk saat masuk ke dalam ruangan. Bahkan di dalam ruangan suhu panas akibat sinar matahari bisa berkurang sebanyak 45 persen. Selain itu, kisi-kisi jendela juga dapat membantu pencahayaan ruangan.

  • Pasang kipas angin

Sebagai pengganti AC, Anda bisa memasang kipas angin. Selain penggunaan listriknya lebih rendah, kipas angin juga akan membantu proses sirkulasi udara di ruangan. Untuk area dapur atau kamar mandi, Anda bisa menggunakan exhaust fan yang dapat menarik udara panas naik.

Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *