Perhatikan Posisi Kaki Saat Menyetir

posisi kaki ketika menyetir

Ada banyak hal penting mengenai mobil yang harus diketahui oleh pengemudi mobil, seperti memilih oli mobil terbaik, waktu untuk melakukan perawatan berkala, dan tentunya cara berkendara yang tepat. Dalam hal cara berkendara sendiri, selama ini mungkin banyak orang yang lebih fokus pada teknik berkendara yang tepat agar aman dan tidak mempercepat kerusakan komponen mobil. Padahal, ada yang tidak kalah penting yaitu posisi kaki saat mengendarai mobil.

Yap, memerhatikan posisi kaki mungkin terdengar tidak penting karena setiap orang sudah memiliki posisi masing-masing yang menurutnya paling nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa jika Anda memposisikan kaki secara tepat maka Anda tidak hanya akan merasa nyaman tetapi juga meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah posisi kaki yang tepat saat berkendara:

  • Mobil matic

Mobil matic memang hanya memiliki 2 pedal, yaitu gas dan rem. Namun ternyata, cara paling aman mengendarainya adalah hanya dengan memanfaatkan satu kaki dengan posisi:

  • Kaki kiri berada di foot rest yang telah disediakan. Sebisa mungkin, posisikan kaki kiri di area ini dengan lurus agar tidak terasa pegal selama berkendara.
  • Letakkan tumit kaki kanan di antara pedal gas dan rem. Injak kedua pedal ini secara bergantian sesuai dengan kebutuhan. Posisi tumit ini penting untuk memastikan bahwa Anda siap menekan pedal yang dibutuhkan secara cepat dan tepat.
  • Mobil manual

Mobil manual memiliki 3 pedal yaitu kopling, gas, dan rem. Untuk mengoperasikannya, kaki kiri akan bertugas menginjak kopling seentara kaki kanan bergantian menginjak pedal gas dan rem sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah posisi kaki yang tepat:

  • Kaki kiri berada di foot rest ketika mobil sedang berjalan dan tidak membutuhkan pengendara menginjak kopling. Hal ini penting untuk mencegah pengendara salah menginjak kopling saat ada kondisi di mana mobil harus berhenti secara mendadak. Jika kaki kiri berada di kopling, banyak pengendara yang refleks menginjak kopling padahal kondisi ini sangat berbahaya. Sebab ketika kopling diinjak kendaraan akan melambat tetapi masih terus meluncur ke depan.
  • Sama seperti pada mobil matic, Anda harus meletakkan tumit kaki kanan di antara pedal rem dan gas agar Anda bisa segera menginjak pedal gas yang tepat saat dibutuhkan.

Bagaimana dengan posisi kaki Anda saat berkendara? Apakah sudah benar? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *