Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Oli Mobil

tips ganti oli

Memiliki mobil berarti Anda memiliki kewajiban untuk merawat mobil tersebut. Selain untuk kesehatan mesin, merawat mobil Anda juga bisa mencegah kejadian-kejadian seperti kecelakaan lalu lintas. Salah satu perawatan mobil yang tidak boleh dilupakan adalah untuk mengganti oli mesin mobil secara berkala. Oli digunakan sebagai pelumas mesin, sehingga ketika mesin bergesekan dengan mesin disekitarnya tidak akan mengakibatkan kerusakan, membuat oli menjadi salah satu elemen dalam mobil yang sangat krusial. Maka dari itu penting adanya untuk Anda mengetahui oli tepat untuk mesin mobil Anda. Stiker bertuliskan oli terbaik dibotol oli saja tidak cukup, ada hal-hal lain yang harus Anda perhatikan seperti mengenali jenis oli untuk mobil dan manfaatnya!

Berikut adalah  4 hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli oli mobil!

  • Kenali Mesin Mobil Anda

Pastikan Anda memahami spesifikasi dari kendaraan Anda dengan melihat buku panduan yang diberikan saat pertama kali membeli mobil. Didalam buku panduan tersebut akan ada penjelasan secara lengkap dan detail tentang mesin Anda dan rekomendasi jenis oli yang cocok dengan kendaraan Anda.

  • Perhatikan Kode Pada Kemasan

Sebelum membeli oli, pastikan Anda memperhatikan kode-kode yang ada pada kemasan oli. Kode-kode yang wajib Anda perhatikan adalah kode SAE dan API. Kode SAE menunjukan kekentalan oli, dengan menggunakan buku panduan mobil, pastikan untuk membeli oli dengan SAE yang tepat dengan mesin Anda. Sedangkan kode API menunjukan standarisasi kualitas oli, semakin terbelakang abjadnya makan oli lebih cocok untuk kendaraan yang lebih lawas.

  • Pilih Toko yang Tepat

Usahakan untuk selalu membeli oli ditempat-tempat yang sudah bisa dibuktikan tidak menjual barang-barang palsu. Terkadang kita tergiur dengan oli yang berharga murah sehingga tidak kembali mementingkan apakah oli tersebut baik untuk mobil Anda atau tidak. Padahal oli palsu sangatlah berbahaya untuk mesin Anda, karena oli-oli ini sudah tidak murni. Ada baiknya untuk Anda membeli oli ditoko-toko resminya.

  • Perhatikan Oli yang Anda Beli

Jika Anda masih merasa sulit untuk membedakan oli yang Anda beli palsu atau tidak dari kemasaannya. Anda bisa cek langsung cairan oli yang sudah Anda beli tersebut. Jika warna oli keruh dan memiliki bau terbakar, maka ada baiknya untuk tidak menggunakan oli tersebut dan berhenti membeli oli dari tempat Anda mendapatkan oli tesebut. Warna oli yang keruh dan bau terbakar menandakan bahwa oli tersebut adalah oli yang sudah tidak murni lagi.

Itu dia 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli oli untuk mesin mobil Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *