Perawatan Mobil Tua Ala Zaman Now

Siapa sangka, hingga hari ini banyak bermunculan kendaraan tua alias klasik seperti mobil van, BMW, Mini Cooper, Mercedes Benz, truk Indonesia, dan mobil jadul lainnya. Bukan hanya sekadar dikoleksi oleh kalangan tua hingga muda, namun juga dipakai sebagai kendaraan utama yang bergerak kesana kemari. Semua mobil jadul itu pun tidak terlihat seperti usia aslinya karena memang perawatan yang selalu di utamakan.

perawatan mobil tua
perawatan mobil tua

Nah, khusus buat Anda yang memiliki mobil jadul, maka ada beberapa cara mudah merawat mobil jadul yang bisa dicoba, di antaranya: (source: showroommobil.co.id):

  1. Cek mesin mobil secara teratur. Cara merawat mobil yua yang pertama adalah memastikan mesin mobil di cek secara teratur, bahkan jangan ragu tune up secara rutin. Bagi Anda pemilik mobil tua, Anda harus rutin melakukan pengecekan pada mesin mobil anda. Mesin mobil tua sangat rentan rusak dan mogok. Pastinya, Anda tidak mau mengalami mogok ketika berada di tengah jalan. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mesin mobil selalu fit ketika digunakan untuk berkendara.
  2. Pemakaian oli dan bahan bakar yang berkualitas. Pemakaian mobil yang sudah lebih dari 10 tahun, sebaiknya lebih ekstra dalam pergantian oli setiap 2500 km. Bahan bakar juga lebih baik yang non-subsidi seperti pertamax, karena kandungan yang baik akan meningkatkan dan menjaga performa mobil klasik.
  3. Perhatikan kabel, ring, karet penyangga. Untuk masalah kabel, perhatikan apakah kabel-kabel pada mobil Anda sudah getas atau dalam kondisi mengelupas atau tidak. Kabel yang getas dan mengelupas dapat menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan.
  4. Bersihkan mobil secara teratur. Membersihkan mobil bukan hanya sekadar bagian body, namun juga harus sampai kedalam-dalamnya. Bagian luar usahakan menggunakan shampoo atau sabun mobil yang sesuai sehingga tidak merusak body dan cat, untuk bagian dalam usahakan bersihkan dengan vacuum cleaner untuk tetap menjaga jok mobil dan membersihkan kotoran disela-sela mobil.
  5. Perhatikan Ban. Ban merupakan bagian terpenting dalam bagian mobil. Apabila ban sudah tidak layak ataupun sudah tipis, akan membahayakan bagi pengendara dan penumpang sehingga perlu dicek secara berkala.
  6. Gunakan sarung mobil apabila tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama. Terkadang kita membiarkan kendaraan kita terkena air dan udara panas secara lama tanpa ada penutup kendaraan. Hal tersebut dapat merusak cat dan fisik mobilmu. Gunakan sarung mobil agar tetap terjaga diwaktu yang lama.

Silahkan lakukan secara rutin dan berkala untuk menambah performa dan keindahan klasikmu. Selamat berkendara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *