Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital

peran orang tua dalam mendidik anak

Tidak dapat dipungkiri, bahwa teknologi zaman sekarang berkembang sangat pesat sehingga tidak hanya kalangan atas dan dewasa saja yang dapat menikmatinya. Tidak sedikit anak-anak yang sudah mulai mengenal teknologi walaupun hanya sebatas menonton TV saja. Maka dari itu, tidak heran para orang tua rela mengeluarkan uangnya untuk memfasilitasi anaknya dengan membelikan Smart TV terbaik untuk anaknya di rumah.

 

Tidak heran lagi jika anak-anak pada masa kini lebih betah tinggal di rumah dibanding bermain di luar bersama teman-temannya. Memang tidak salah sih, mengenalkan anak tentang teknologi tapi jangan sampai peran orang tua terlupakan. Berikut merupakan tiga hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk anak Anda di era digital ini.

  1. Menyeleksi Konten

Tidak hanya untuk anak-anak, dunia digital juga memiliki banyak konten untuk orang-orang di kalangan dewasa yang tidak cocok untuk pengetahuan si kecil. Maka dari itu, peran Anda sangat dibutuhkan saat anak hendak mengenal sesuatu yang baru, jangan sampai si kecil mendengar dan melihat hal-hal yang tidak seharusnya diketahui olehnya. Sebelum Anda memberikan akses untuk menghubungkan anak pada media digital baik itu televisi atau internet, akan lebih baik jika Anda memilah konten yang akan anak Anda nikmati. Biasanya, konten yang ditawarkan oleh media digital di televisi pada pagi hari sering ditujukan untuk anak-anak sebelum berangkat sekolah, dan pada jam malam acara televisi sudah tidak cocok lagi untuk pengetahuan si kecil.

  1. Mengawasi dan Mendampingi

Meski ada beberapa seri kartun yang disarankan untuk ditonton oleh anak-anak, pengawasan Anda sebagai orang tua juga sangat dibutuhkan selama anak mengakses dan menikmati acara televisi karena terkadang acara kartun masih saja ada yang menampilkan adegan kekerasan yang pastinya tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Karena itu, pastikan Anda selalu berada di samping si kecil agar pada saat ia menyaksikan hal yang tidak seharusnya disaksikan, Anda dapat mengganti channel TV atau menjelaskan kepadanya kalau yang baru saja dilihatnya tidak baik untuk dilakukan.

  1. Mengevaluasi Konten Media

Pasti ada saatnya anak harus berhenti menonton televisi dan kembali ke aktivitas rutin yang lainnya. Anda sangat disarankan untuk mengulas kembali apa yang sudah si anak tonton dan pelajari. Akan lebih baik jika Anda memberikan atau mengartikan hal positif yang dapat dipetik dan melarang si kecil untuk melakukan hal yang negatif yang dicontohkan di konten media. Jangan lupa juga untuk membatasi waktu si anak dalam mengakses media digital dan mendorongnya untuk lebih aktif dalam bersosialisasi dengan kawan sebayanya.

Nah, itu saja hal-hal mudah yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk ikut berperan dalam mendidik anak pada era digital ini. Semoga bermanfaat!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *