Mobil Sulit Menyala? Mungkin Ini Penyebabnya

Sedang terburu-buru ingin pergi ke kantor karena sudah hampir terlambat, tetapi mesin mobil justru sulit menyala. Wah, rasanya pasti sangat menyebalkan sekali. Padahal mobil sudah berusaha dirawat dengan baik, seperti menggunakan oli mobil Idemitsu terbaik setiap kali melakukan ganti oli. Atau, sudah berusaha melakukan ganti oli tepat atau bahkan sebelum waktunya agar performa mesin dapat bekerja secara maksimal tanpa masalah.

Memang, melakukan ganti oli menjadi salah satu perawatan rutin yang tidak boleh diabaikan. Namun, bukan berarti Anda hanya fokus pada perawatan itu saja. Sebab, ada berbagai hal lain yang juga menentukan performa mesin dan bisa menjadi penyebab mesin mobil sulit menyala, di antaranya:

  • Aki lemah

Aki merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai suplai energi saat mobil dinyalakan atau distrater. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, maka mobil tidak akan bisa menyala. Namun, sebelum aki benar-benar mati biasanya aki akan lemah terlebih dahulu. Mesin mobil yang sulit menyala merupakan salah satu tanda komponen ini mulai melemah. Jika aki yang mobil Anda gunakan adalah aki basah, maka Anda bisa segera mengatasinya dengan mengisi ulang dengan air aki. Namun, jika yang digunakan adalah aki kering maka mengganti komponen ini dengan yang baru harus segera dilakukan.

  • Busi kotor

Busi memegang peran penting dalam proses pembakaran dalam mesin mobil. Busi akan menghasilkan percikan api dalam ruang pembakaran, ketika percikan api bergabung dengan udara dan bahan bakar maka pembakaran dapat terjadi sehingga menghasilkan daya untuk menggerakkan mesin kendaraan. Ketika busi kotor, basah, maupun rusak, proses terjadinya percikan api tidak akan bermasalah sehingga proses pembakaran tidak terjadi sempurna dan mesin mobil akan sulit menyala.

  • Dinamo ampere rusak

Dinamo ampere merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, maka aki tidak akan mendapat pasokan listrik sehingga mesin tidak dapat menyala.

  • Sirkulasi bensin tidak lancar

Agar proses pembakaran dapat berjalan sempurna, dibutuhkan 3 komponen, yaitu udara atau oksigen, api yang berasal dari busi, dan bahan bakar. Ketika salah satu komponen pendukung ini tidak ada, maka mesin mobil pasti akan mengalami masalah.

Ketika mesin mobil mulai sulit menyala, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan terhadap berbagai komponen yang berkaitan dengan hal-hal di atas. Terutama jika ada komponen tertentu yang memang tidak pernah Anda ganti atau lakukan perawatan sebelumnya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *