Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Oli Samping yang Rusak

Bagi Anda pemilik motor 2tak, pasti sudah tahu bahwa untuk dapat berfungsi dengan maksimal, motor ini membutuhkan oli samping terbaik agar semua mesinnya dapat berfungsi dengan maksimal. Oli ini berfungsi untuk melumasi bagian kruk as, piston, bearing pin piston, dan silinder. Namun, mungkin banyak pengguna motor ini yang hanya fokus pada kualitas olinya saja karena menganggap kualitas oli yang bagus sudah pasti akan menjaga mesin tetap awet. Padahal selain kualitas oli, memperhatikan fungsi komponen pendukung oli juga sangat penting.

pompa oli samping
pompa oli samping

Salah satunya yaitu memperhatikan fungsi pompa oli karena komponen inilah yang memiliki fungsi untuk mengalirkan oli samping ke bagian atau komponen mesin yang membutuhkan. Diambil dari situs Gridoto, adanya masalah fungsi pada pompa oli samping akan menyebabkan oli samping tidak mengalir sempurna dan menyebabkan piston mengalami kemacetan sehingga menjadi panas. Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen lainnya yang saling berhubungan.

Kerusakan yang terjadi pada pompa oli samping biasanya terjadi akibat usia pakai yang memang telah habis. Ditandai dengan bagian gir yang mulai botak akibat mengalami pengikisan terus menerus. Sebab gir ini terbuat dari plastik, sehingga ketika mengalami gesekan dan panas terus menerus, semakin lama pasti akan semakin terkikis. Jika penyebabnya adalah ini, maka satu-satunya solusi yang tepat adalah mengganti komponen ini dengan yang baru.

Selain masalah usia pakai, adanya gangguan fungsi dari pompa ini juga bisa terjadi akibat dari udara yang masuk ke dalam selang pompa oli. Udara ini akan menahan aliran oli sehingga tidak dapat mengalir dengan lancar. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya kebocoran atau karena pemasangan selang pompa oli yang bermasalah. Misalnya saat dilakukan penggantian komponen ini.

Namun yang perlu diingat, ini hanya berlaku pada motor 2tak yang sudah memiliki teknologi pompa. Sebab beberapa motor 2tak masih belum dilengkapi dengan teknologi ini sehingga cara mengalirkan oli samping adalah dengan mencampurkannya dengan bensin. Jadi ketahui terlebih dahulu teknologi motor kesayangan Anda agar bisa menentukan perawatan yang tepat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *