Gemetar selepas Minum Kopi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

coffee jitters

Dewasa ini, semakin banyak orang yang membiasakan diri mengonsumsi segelas atau secangkir kopi di pagi hari sebelum atau saat mulai bekerja. Pasalnya, mayoritas dari mereka merasa dan meyakini bahwa minuman berkafein bisa membuatnya terjaga sepanjang hari. Meski begitu, tidak sedikit pula orang yang mengalami gemetar setelah meminum segelas kopi. Apakah penyebab kondisi ini? Simak ulasan lengkapnya dalam kelanjutan artikel ini, ya!

Penyebab gemetar setelah minum kopi

Kondisi gemetar seusai meminum kopi dikenal dengan istilah jittery atau coffee jitters. Melansir laman Eat Cultured, jittery mengacu pada sensasi ingin buru-buru (entah menyelesaikan sesuatu atau beraktivitas) kemudian tiba-tiba kehilangan semua energi—yang ditandai dengan gemetar di tangan atau kaki. Kondisi seperti ini bisa membuat orang yang mengalaminya merasa tidak tenang ataupun kesulitan berkonsentrasi.

Masih menurut situs Eat Cultured, alasan ilmiah di balik kondisi ini adalah profil kimiawi biji kopi. Sebab, biji kopi mengandung banyak molekul kompleks seperti senyawa kimia kafein dan beberapa senyawa asam lainnya. Di saat yang sama, kafein juga bertindak layaknya stimulan alami untuk sistem saraf. Laman Bustle menyebutkan jika gemetar adalah efek samping kafein bagi orang yang sensitif terhadap kafein. Untuk itu, gemetar selepas minum kerap kali terjadi pada orang dengan kadar sensitivitas tinggi pada kafein.

Rasa gemetar ini biasanya muncul satu jam setelah peminum selesai mengonsumsi kopi. Kondisi ini, mengutip Healthline, bisa terjadi selama 3 sampai 5 jam. Maka dari itu, berikut adalah cara mengatasi perasaan gemetar seusai meminum kopi:

  • Banyak minum air putih

Meski belum banyak penelitian ilmiah tentang ini, namun mengonsumsi air putih yang banyak setelah minum kopi dapat membuat tubuh tetap terhidrasi. Kondisi terhidrasi diklaim dapat mengurangi rasa gemetar atau jittery lebih cepat. Tapi, efek samping dari banyak minum air putih ini adalah hasrat buang air kecil yang berlebih.

  • Banyak bergerak

Tips kedua untuk menghilangkan perasaan gemetar usai minum kopi adalah memperbanyak gerak tubuh. Mulai dari berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal atau seputaran gedung kantor, atau berlari, maupun berlompat-lompat diyakini dapat cepat menghilangkan rasa gemetaran.

  • Banyak mengonsumsi makanan kaya serat

Kiat selanjutnya adalah memakan makanan berserat tinggi. Pasalnya, makanan dengan kandungan nutrisi ini dapat memperlambat pelepasan kafein ke dalam aliran darah. Beberapa contoh makanan berserat tinggi yang bisa dimakan adalah biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, sereal, atau gandum.

Demikianlah ulasan tentang gemetar selepas minum kopi serta cara-cara untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *