Pentingnya Alat Berat Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian

alat pertanian, produktivitas pertanian

Pemanfaatan beberapa alat berat untuk pertanian sudah banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Baik alat untuk pembukaan lahan, maupun alat pertanian modern untuk pengolahan lahan dari awal proses hingga masa setelah panen. Perubahan sistem kerja menjadi lebih modern ini dianggap jauh lebih efisien dan juga produktif. Dengan begitu, hasil panen akan menjadi lebih meningkat dan tentunya petani akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Yap, memang ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan petani dengan memanfaatkan alat berat untuk pertanian, antara lain:

  • Hemat tenaga

Ketika semua proses dilakukan secara tradisional, para petani harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar. Meskipun pada beberapa proses sudah dibantu, seperti memanfaatkan kerbau atau sapi untuk membantu proses membajak sawah, tetap saja tenaga yang keluar akan besar. Belum lagi ketika hewan yang digunakan sedang tidak bisa diatur, maka tentulah akan membuat petani merasa semakin lelah. Berbeda dengan pemanfaatan alat pertanian seperti traktor, yang akan bekerja secara otomatis setelah mesin dinyalakan. Anda bisa mengendalikan alat ini tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga.

  • Konsisten

Konsistensi pada segala proses dalam pertanian juga dapat mempengaruhi kesuksesan hasil panen. Misalnya saja pada proses menyiram, jika dilakukan secara manual sangat besar kemungkinan adanya perbedaan jumlah air pada setiap tanaman. Sementara itu, jika menggunakan alat pertanian yang berfungsi untuk penyiraman, maka jumlah air yang diberikan untuk setiap tanaman akan konsisten. Secara tidak langsung akan mengurangi kemungkinan gagal panen akibat human error.

  • Proses kerja lebih cepat

Jelas saja, sistem kerja tradisional menggunakan tenaga manusia akan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mesin. Apalagi, selama ada yang mengoperasikan dan juga memiliki bahan bakar, mesin akan bisa terus digunakan. Memang, mesin terkadang juga membutuhkan waktu perawatan, tetapi tetap lebih sedikit waktunya dibandingkan dengan waktu istirahat manusia akibat kehabisan tenaga. Tidak hanya itu, beberapa jenis alat pertanian juga mampu melaksanakan beberapa fungsi sekaligus sehingga mempercepat waktu pengerjaan. Misalnya saja seperti seed drill yang mampu membuat lubang dan sekaligus menanam benih dalam satu waktu.

Untuk jenis alat pertanian modern yang digunakan bisa berbeda, tetapi biasanya traktor merupakan alat yang pasti digunakan. Sementara itu untuk alat lainnya, seperti seed drill atau harvesting equipment hanya digunakan pada beberapa pertanian saja.

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *