Pentingkah Melengkapi Kredit dengan Perlindungan Asuransi?

Apa yang pertama kali terbayang dibenak Anda ketika mendengar kata “asuransi”? Mungkin Anda akan langsung teringat dengan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Memang, dua asuransi tersebut bisa dikatakan produk asuransi yang paling banyak penggemar. Namun tahukah Anda bahwa ada produk asuransi yang melindungi pinjaman seperti asuransi kredit fintech.

Untuk Anda yang pernah mengajukan pinjaman seperti kredit rumah, mungkin pernah mendengar tentang asuransi ini. Meskipun begitu, banyak yang masih belum memahaminya karena asuransi kredit pada pembiayaan rumah merupakan paket dari lembaga pembiayaan bank maupun non bank. Jadi pada umumnya nasabah hanya terima beres selama pengajuan kreditnya diterima. Padahal, memahami asuransi ini juga cukup penting terutama jika Anda cukup sering memiliki pinjaman.

asuransi perlindungan kredit
asuransi perlindungan kredit

Sesuai namanya, asuransi kredit adalah asuransi yang akan menanggung tunggakan kredit Anda ketika Anda tidak lagi mampu membayar karena meninggal dunia atau mengalami cacat permanen. Bisa dikatakan, fungsinya mirip seperti asuransi jiwa, hanya saja uang pertanggungan tidak akan diterima oleh ahli waris, melainkan untuk melunasi sisa utang. Asuransi ini sangat penting terutama jika nominal pokok pinjaman Anda tidak sedikit. Sebab tanpa adanya asuransi ini, artinya ahli waris Anda yang harus menanggung peninggalan utang tersebut hingga lunas.

Sama halnya dengan asuransi lain, untuk mendapatkan uang pertanggungan tentunya ada biaya premi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Biaya premi ini bisa berbeda pada setiap orang, karena faktor-faktor berikut ini:

  • Usia

Berapa usia Anda saat mengajukan kredit? Semakin tua usia Anda maka secara otomatis biaya premi yang dibebankan juga akan semakin tinggi. Alasannya karena dengan bertambahnya usia Anda maka risiko Anda tidak mampu melunasi utang juga tinggi.

  • Nominal pinjaman

Pastinya, semakin besar nominal pinjaman yang Anda ajukan maka semakin tinggi pula biaya premi yang harus dibayar. Sebab, risiko perusahaan asuransi untuk membayar pelunasan utang dalam jumlah besar cukup tinggi.

  • Tenor

Sama halnya dengan suku bunga pinjaman yang berbanding lurus dengan tenor, biaya premi asuransi juga demikian. Semakin panjang tenor pinjaman yang Anda ajukan, maka bersiaplah karena akan semakin besar juga nominal biaya premi yang harus dibayar.

Untuk Anda yang berperan sebagai tulang punggung keluarga, melindungi diri Anda dengan asuransi jiwa dan melengkapi perlindungan pinjaman Anda dengan asuransi kredit merupakan hal penting demi keluarga Anda. Atau, jika Anda menjalankan sebuah usaha, maka sangat penting bagi Anda untuk mengambil asuransi kredit perdagangan.

Dengan perlindungan tersebut, keluarga atau ahli waris Anda akan mendapatkan uang pertanggungan dari asuransi jiwa dan tidak terbebani dengan utang ketika sebuah risiko menimpa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *