Pemasangan Hydraulic Hose Fitting untuk Pertambangan

Di samping memilih hose dan hose fitting hydraulic terbaik serta berkualitas tinggi, Anda pun perlu memasang komponen ini dengan cara yang tepat. Dengan begitu, sistem alat hidrolik yang digunakan di area pertambangan pun dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Hal ini penting untuk memastikan  selang bebas bocor dan sistem dapat selalu berfungsi maksimal.

hydraulic hose
hydraulic hose

Ketika Anda perlu mengganti dan memasang hose fitting hydraulic yang baru, perhatikan faktor-faktor berikut ini. (Source: amsj.com)

  • Hose I.D.

Hose (selang) I.D. ditunjukkan lewat angka – makin besar angkanya, area yang dibutuhkan untuk selang juga makin besar. Disamping itu, dahulukan selang spiral terlebih dahulu, mengingat bahwa jenis selang ini adalah yang paling sulit untuk dibengkokkan. Setelah itu, baru kemudian pasang selang dengan I.D. yang terbesar secara berurutan, sampai akhirnya selang dengan I.D. terkecil untuk area yang lebih sempit. Tujuannya adalah untuk kemudahan dalam penggantian atau penambahan selang di kemudian hari.

  • Panjang selang.

Pilihlah selang hidrolik dengan panjang yang sesuai demi menjaga kestabilan tekanan yang disalurkan di dalamnya. Selang yang terlalu panjang dapat menimbulkan risiko penurunan tekanan, penumpukan panas, dan kerusakan selang dari luar. Sedangkan selang yang terlalu pendek rentan mengalami masalah pada pemasangan fitting-nya dan juga berisiko menimbulkan kebocoran.

  • Radius kelenturan selang (fleksibilitas).

Selang hidrolik didesain lentur dan fleksibel tetapi bukan memelintir terutama untuk selang yang digunakan untuk aliran bertekanan tinggi. Selang yang diputar 7O atau lebih akan berkurang usia pakainya hingga mencapai 90%. Selain itu, selang dengan kondisi ini juga tidak boleh melalui jalur dengan banyak tikungan karena terlalu berisiko. Jika memang jalurnya memaksa harus melalui banyak tikungan, maka bisa menggunakan beberapa selang dan menyatukannya menggunakan fitting.

  • Gerakan resiprokal.

Selain melentur, ujung selang hidrolik bisa jadi membuat gerakan resiprokal. Dalam hal ini, Produsen komponen sistem hidrolik terkemuka, Gates, merekomendasikan pemasangan dengan menggantung selang, menggunakan hose reel, dan mengatur selang dalam bentuk U di mana satu ujung lebih pendek daripada ujung lainnya.

Dalam pemasangan selang hidrolik, yang juga perlu Anda perhatikan dengan seksama adalah untuk memasang dan menyambung selang dengan cara sedemikian rupa guna meminimalisir titik sambung menggunakan hose fitting hydraulic, serta meminimalisir pembengkokan maupun tekanan yang berlebih pada selang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *