Pahami Dulu Berbagai Hal Tentang Asuransi Investasi

Asuransi unit link

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah Asuransi Unit Link? Namun, apa Anda yakin sudah benar-benar paham dengan Asuransi Jiwa dan Investasi tersebut? Kenyataannya, masih cukup banyak orang yang masih belum benar-benar mengenal asuransi unit link tetapi nekat untuk membelinya. Biasanya mereka tergiur dengan iming-iming keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi. Namun, apakah benar investasi melalui produk asuransi menguntungkan?

Sebenarnya, mengenai untung maupun rugi produk asuransi investasi ini tidak ada yang bisa memastikan. Sama saja dengan investasi pada bidang apapun, semua produk investasi memiliki risiko. Nah, untuk lebih memahami tentang produk asuransi ini, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

  • Meskipun memiliki manfaat investasi, manfaat utama dari produk ini tetaplah pada produk asuransinya. Sehingga keuntungan investasi dari produk ini kemungkinan tidak akan semaksimal produk investasi lainnya.
  • Biaya premi yang dibayarkan bisa diambil secara otomatis dari keuntungan hasil investasi. Artinya, Anda mungkin tidak perlu membayar premi selama beberapa bulan atau mungkin hanya membayar selisih kekurangan biaya premi bulanan karena sisanya sudah dibayar dengan keuntungan hasil investasi. Namun, hal ini hanya berlaku jika investasi berhasil dan memberikan keuntungan yang cukup untuk Anda.
  • Biaya premi untuk produk asuransi ini tidak tetap meskipun dalam polis tertera biaya yang tetap. Hal ini karena total biaya premi yang Anda bayarkan bergantung pada hasil keuntungan investasi Anda, sesuai dengn yang dijelaskan pada poin di atas. Namun, terkadang ada waktunya ketika Anda harus membayar biaya tambahan karena investasi yang merosot tajam.
  • Nilai pertanggungan atau nilai polis akan sangat bergantung pada hasil investasi. Jika investasi yang dipilihbagus dan berhasil baik, maka nilai pertanggungan yang Anda terima akan semakin tinggi.
  • Ada berbagai biaya yang harus Anda pahami karena biaya tersebut hanya ada pada produk asuransi ini dan tidak ada pada produk asuransi lainnya. Selain itu, ada juga berbagai aturan lain yang berbeda dengan produk asuransi lain yang tentunya harus Anda pahami terlebih dahulu.
  • Karena biaya premi digunakan untuk 2 manfaat, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat maksimal dari proteksi asuransi maupun keuntungan investasi.

Dari poin di atas saja, sudah terlihat bahwa produk asuransi ini memiliki kerumitan yang cukup tinggi. Jadi, pastikan Anda benar-benar memahaminya sebelum membelinya. Selain itu, pastikan Anda membeli produk ini dari agen yang dapat dipercaya. (Vita)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *