Overheat Pada Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

mengatasi overheat pada mobil

Overheat adalah situasi ketika mesin mobil mengalami kenaikan suhu yang signifikan hingga mesin mengeluarkan asap. Kejadian ini dapat dipicu oleh sejumlah faktor, beberapa di antaranya ialah sistem pendingin yang mengalami kebocoran, kipas radiator yang mati, radiator yang tersumbat, ataupun mesin yang kekurangan oli. Overheat dapat merusak kap mobil hingga membakar mobil—bila tidak ditangani dengan cepat. Asuransi kendaraan terbaik yang kamu miliki mungkin dapat mengganti kerugian akibat overheat, namun memahami beberapa cara mengatasi overheat berikut barangkali dapat membantu kamu bila mobilmu mengalami overheat.

  • Tepikan mobil lalu matikan mesin

Tanda nyata mobil mengalami overheat ialah adanya asap yang keluar dari bawah kap mesin mobil. Bila hal ini terjadi, tak perlu panik—sebab panik hanya akan membuyarkan konsentrasi berkendaramu. Jika mesin mobil yang sedang kamu kendarai mengeluarkan asap, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menepikan mobil. Selanjutnya, segeralah matikan mesin mobil dan tunggulah 10 hingga 20 menit. Tujuannya ialah agar panas pada mesin menghilang.

  • Periksa radiator

Salah satu kunci overheat adalah radiator mobil. Oleh karena itu, jika mesin sudah dingin sempurna, lekaslah memeriksa radiator mobil. Cek level air yang terdapat dalam radiator—apakah bocor, tersumbat—atau pompa radiator yang mengalami kerusakan. Periksa pula tabung cadangan air radiator untuk mengetahui sisa air di dalamnya. Jika air berada di bawah level normal, maka segeralah isi dengan air. Dilansir dari Seva.id, dalam keadaan terdesak air radiator dapat diganti dengan air keran (atau air minum).

  • Cek oli

Penyebab lain overheat adalah kadar oli mesin. Maka, setelah memeriksa radiator serta seluruh sistem pendingin mesin mobil, ada baiknya kamu mengecek sisa oli yang terdapat dalam mobilmu. Jika oli berada di bawah batas normal—atau bahkan mendekati garis E (empty) yang berarti kosong, maka itulah salah satu penyebab overheat pada mobilmu. Sebab, oli yang terlalu sedikit tidak dapat menyerap panas dari mobil, akhirnya terjadilah overheat. Isi ulang oli, setidaknya, hingga level normal agar mesin tidak akan mengalami overheat kembali saat dijalankan.

Itulah dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan bila mesin mobilmu mengalami overheat. Cari tahu beberapa cara perawatan radiator mobil yang banyak tersedia di internet dan terapkan pada mobil kamu agar mobilmu tidak perlu mengalami situasi seperti ini. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *