Meski Sepele, 5 Gejala Sakit Jantung Ini Perlu Diwaspadai

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang perlu diwaspadai karena bisa muncul sewaktu-waktu. Tidak hanya orang yang sudah lanjut usia, penyakit jantung juga bisa menyerang siapapun termasuk kalangan muda. Itulah sebabnya, mulai banyak juga anak muda yang tertarik untuk mendaftar asuransi penyakit kritis supaya ketika penyakit ini datang menyerang, mereka tinggal mengajukan Allianz Klaim dan tidak perlu khawatir dengan biaya berobat.

Namun, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui beberapa gejala dari penyakit ini supaya dapat segera ditangani dengan cara yang tepat: (source: mediskus)

  • Nyeri Dada

Nyeri dada yang terjadi pada gejala penyakit jantung berbeda dengan nyeri pada umumnya. Dada akan terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dan tertekan. Nyeri dada bisa datang secara tiba-tiba. Pada umumnya, gejala ini lebih sering dialami oleh pria. Kondisi ini disebabkan oleh arteri yang tersumbat sehingga sirkulasi darah ke otot jantung menjadi terhambat.

  • Nyeri Sampai ke Lengan Bagian Kiri

Sakit jantung juga bisa ditandai dengan rasa nyeri yang menjalar sampai ke lengan. Terutama lengan sebelah kiri karena paling dekat dengan letak jantung. Biasanya nyeri lengan kiri ini akan terjadi selama beberapa menit. Namun jika hanya berlangsung sebentar, ada kemungkinan nyeri ini bukan disebabkan oleh penyakit jantung. Faktor lain seperti nyeri otot juga dapat membuat lengan terasa nyeri.

  • Batuk Terus Menerus

Meskipun terlihat sepele, ternyata batuk juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung, lho. Batuk menandakan adanya masalah pada organ pernafasan, termasuk paru-paru. Nah, jantung dan paru-paru merupakan organ yang saling berkaitan. Jika jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar, tentunya suplai oksigen ke paru-paru juga akan terganggu. Alhasil, kantung udara dalam paru-paru yang menampung oksigen bisa terisi cairan yang menimbulkan batuk dan sesak.

  • Keringat Dingin

Keringat dingin memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk masalah jantung. Jika keringat dingin disertai dengan detak jantung yang tak teratur dan gejala penyakit jantung di atas, maka segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter.

  • Mudah Lelah

Masalah jantung juga dapat ditandakan dengan kondisi tubuh yang mudah lelah. Bagaimana tidak, sirkulasi darah tidak dapat berjalan dengan lancar ketika jantung tidak bekerja dengan baik. Hal ini tentu juga mempengaruhi stamina tubuh.

Meskipun terlihat sepele, jangan sepelekan gejala-gejala di atas ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *