Ternyata Mengonsumsi Cokelat Ada Baiknya untuk Kesehatan Anak

Manfaat coklat bagi anak-anak

Pastinya Anda setuju kalau cokelat adalah salah satu makanan yang digemari kebanyakan anak-anak. Namun, cokelat dipercaya juga bisa menyebabkan gigi berlubang atau obesitas. Sehingga banyak orangtua yang melarang anaknya untuk mengonsumsi cokelat. Padahal, menurut talkshow yang diadakan di sebuah tempat wisata edukasi anak, KidZania, cokelat mampu mendatangkan sejumlah manfaat – yang penting tidak terlalu sering dan memilih cokelat yang tidak mengandung gula terlalu banyak.  Berikut inilah beberapa manfaat yang bisa diperoleh anak dari mengonsumsi cokelat:

  • Membantu menangkal radikal bebas

Anak-anak biasanya aktif bermain di luar dan berinteraksi dengan benda-benda di sekitar yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nah, hal ini membuat anak rentan terserang radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan tubuhnya. Cokelat mengandung flavonoid tinggi yang bisa berfungsi sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan inilah yang bisa membantu tubuh anak untuk menangkal radikal bebas sehingga tidak mudah jatuh sakit.

  • Mencegah kerusakan gigi

Ternyata anggapan cokelat tidak baik untuk kesehatan gigi selama ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, cokelat mengandung Theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan membasmi bakteri yang ada di rongga mulut. Namun, ingat cokelat yang dikonsumsi harus benar-benar cokelat yang berkualitas. Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsultasikan dengan dokter gigi anak terlebih dahulu.

  • Mencegah stres

Penting untuk diketahui, stres bukan hanya dialami oleh orang dewasa tapi juga bisa dialami oleh anak-anak. Dengan takaran yang benar dan porsi yang cukup, cokelat bisa membantu anak menjadi lebih tenang, rileks dan tidak stres. Hal ini tentunya bisa membantu ketika ia belajar. Hal ini dikarenakan cokelat dapat merangsang produksi endorphin, hormon yang dapat membuat sesorang merasa senang dan semangat.

Jadi, tidak apa-apa kalau anak sesekali mengonsumsi cokelat, yang penting perhatikan kandungannya dan jumlah takarannya. Jenis cokelat yang direkomendasikan adalah dark cokelat karena kandungan cokelatnya lebih banyak dibandingkan dengan gulanya. Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain di KidZania, Jakarta – di establishment Chocolate Factory, mereka bisa membuat coklat dan membawa pulang cokelat hasil kreasi sendiri. Menyenangkan, bukan? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *