Mengenal Kota, Negara Bagian, dan Teritorial di Australia

negara di Australia

Sebaiknya jangan terburu-buru membeli paket tour ke Australia kalau kamu belum mengenal berbagai kota, negara bagian, dan teritorial di Australia. Ya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama kota di Australia. Akan tetapi, sudahkah kamu mengetahui berbagai informasi mengenai negara-negara tersebut?

negara di Australia

Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua teritorial. Untuk mengenali lebih dekat, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini! (source: australia.com)

  • Canberra (Teritorial Ibu Kota)

Terletak di teritorial ibu kota negara dan menjadi pusat pemerintahan. Canberra diperkirakan merupakan kata serapan dari bahasa Aborigin “Kamberra” yang bermakna “tempat pertemuan”. Kota ini merupakan jantung lembaga-lembaga nasional penting.

  • New South Wales

New South Wales (NSW) adalah negara bagian tertua yang memiliki paling banyak pendududk di Australia. Lebih dari sepertiga orang Australia tinggal di negara bagian ini.

  • Victoria

Di daratan utama, Victoria merupakan negara bagian terkecil, tetapi memilki penduduk yang banyak. Bahkan ibu kotanya, Melbourne, merupakan kota dengan jumlah penduduknya kedua terbanyak di Australia.

  • Queensland

Negara bagian ini ibu kotanya adalah Brisbane, kota dengan penduduk terbanyak ketiga di Australia. Istimewanya, Queensland mendapat lebih banyak sinar matahari dan memiliki musim dingin yang lebih hangat dibandingkan negara bagian lainnya.

  • Australia Selatan

Memiliki ibu kota Adelaide dengan penduduk terbanyak kelima. Australia Selatan terkenal dengan aktivitas dan kegiatan seni yang aktif. Bayangkan saja, terdapat lebih dari 500 festival setiap tahunnya.

  • Teritorial Utara

Terletak di ujung atas Australia dengan ibu kota Darwin. Ada berbagai macam tempat wisata yang menjadi daya tarik turis di sini!

  • Australia Barat

Merupakan negara bagian terbesar di Australia. Di dalamnya tedapat Perth, kota dengan penduduk terbanyak keempat. Pada tahun 1890, tempat ini merupakan pusat pertambangan emas yang hingga sekarang masih menjadi salah satu industri terbesar di negara bagain ini.

  • Tasmania

Negara bagian ini juga memiliki berbagai daya tarik, terutama wisata alam. Pasalnya negara bagian dengan ibu kota Hobart inilah yang paling banyak memiliki pegunungan di dunia.

Bagaimana, sudah lebih mengenali negara-negara bagian dan teritorial di Australia? (Rima)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *