Sepatu Kekecilan? Coba Cara Ini untuk Mengatasinya

cara meregangkan sepatu kekecilan

Mencari sepatu yang pas itu tidak mudah, apalagi untuk pria. Kadang, sudah menemukan sepatu casual pria yang sesuai dengan selera, tapi harganya terlalu mahal dan di luar budget. Atau, harga dan modelnya sudah sesuai dengan selera dan budget, tapi ukuran yang sesuai dengan kaki kita malah tidak ada. Lebih kesalnya lagi, jika kita terlanjur membelinya secara online tapi ternyata ukurannya kekecilan. Memang, selain waspada akan penipuan saat belanja online, kita juga harus teliti saat memutuskan ukuran.

Nah, jika Anda sedang mengalaminya, tidak perlu kesal. Anda bisa mengatasinya dengan cara berusaha merenggangkan ukuran sepatu yang kekecilan tersebut, supaya pas di kaki Anda. Caranya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Bawa ke tukang sepatu

Cara paling mudah adalah dengan membawa sepatu baru Anda ke tukang sepatu dan meminta bantuannya untuk merombaknya agar ukurannya sesuai dengan kaki Anda. Namun, tidak semua tukan sepatu bisa melakukannya. Jadi, sebelum Anda menyerahkan sepatu baru Anda tersebut, pastikan bahwa Anda datang ke tempat yang tepat. Pastinya Anda tidak mau kan sepatu Anda makah jadi tidak bisa digunakan karena dibawa ke tempat yang salah?

  • Gunakan alat perenggang

Ada beberapa toko sepatu yang menjual alat perenggang. Sesuai dengan namanya, fungsinya adalah untuk merenggangkan ukuran sepatu Anda supaya bisa sesuai dengan ukuran kaki Anda. Namun, tidak semua toko menjual alat ini. Jika Anda kesulitan mencarinya, Anda bisa mengatasinya dengan cara menyumpal bagian dalam sepatu dengan kertas koran atau apapun sehingga isinya penuh. Biarkan dalam waktu yang lama hingga ukuran sepatu merenggang.

  • Gunakan hair dryer

Ini adalah cara yang cukup sering digunakan, yaitu memanaskan sepatu dengan menggunakan hair dryer. Anda hanya perlu menggunakan kaos kaki tebal atau beberapa lapis kaos kaki, dan kemudian pakai sepatu tersebut. Setelah itu, panaskan area sepatu yang kesempitan. Namun, jika Anda merasa kaki sudah mulai sakit, ada baiknya jika hentikan terlebih dahulu dan kemudian mencobanya lagi setelah beberapa saat.

Meskipun beberapa cara di atas bisa membantu Anda melonggarkan sepatu, bukan berarti Anda jadi bisa sesuka hati membeli sepatu yang ukurannya kekecilan sekalipun ya. Sebab, tidak semua model sepatu bisa direnggangkan. Selain itu, bahan sepatu juga akan memengaruhi proses perenggangan ini. Dan yang paling penting, ada batas maksimal perenggangan sepatu. Jadi, jika ukuran sepatu terlalu kecil jauh di bawah ukuran kaki Anda, maka cara di atas mungkin tidak akan berpengaruh. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *